13 Safar 1443  |  Selasa 21 September 2021

basmalah.png

Ajari Anak Membuat Anggaran Keuangan

http://i.okezone.com/content/2010/07/26/196/356587/hTCOWvnD23.jpgMemberikan uang saku merupakan cara yang baik untuk mengajarkan anak keahlian mengelola uang. Ajarkan buah hati Anda cara mengatur keuangan dan membuat anggaran sejak kecil, sehingga terbiasa saat dia beranjak dewasa.

Anda bisa memilih memberikan uang saku perhari, perminggu, atau perbulan sesuai pertimbangan. Setelah itu, bantu dia menciptakan versi mini dari anggaran keuangan orang dewasa dengan cara berikut ini:


1. Dorong anak untuk menyisihkan 30 persen dari uang sakunya ke dalam tabungan. Sebagai permulaan, anak bisa memasukkan uangnya ke celengan. Jika sudah cukup banyak terkumpul, Anda bisa membantunya membukakan rekening tabungan di bank.


2. Sementara itu, sebanyak 30 persen lagi dari uang sakunya disisihkan untuk jajan harian. Misalnya membeli es krim, meminjam komik, atau bermain game.


3. Sebanyak 30 persen sisanya disisihkan untuk sesuatu yang spesial. Misalnya membeli sepatu yang diinginkannya atau sepeda yang diidam-idamkannya (Anda bisa menutupi setengah harganya jika terlampau mahal). Dengan demikian, anak akan terbiasa menabung untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.


4. Terakhir, ajarkan anak untuk menyumbangkan 10 persen sisa uang sakunya untuk amal. Misalnya untuk diberikan kepada pengemis atau disumbangkan ke panti asuhan.

 

Yulia Permata Sari | mediaindonesia.com