14 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 21 Oktober 2021

basmalah.png

Ibu Mampu Pengaruhi Bayi Gemari Sayur

Ibu Mampu Pengaruhi Bayi Gemari Sayur BAYI yang diberi makan berupa masakan rumah lebih mungkin untuk menggemari buah dan sayuran ketika mereka dewasa ketimbang bayi yang diberikan makanan kemasan.

Bayi yang diberikan bubur, pudding, atau makanan tumbuk buatan rumah akan lebih mengenali rasa untuk apa yang baik dan sehat bagi mereka pada usia 7 tahun. Para ahli dari De Montfort University Leicester dan universitas lainnya menganalisis data dari 7.866 ibu dari anak yang lahir pada 1991 dan 1992.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi berusia 6 bulan yang sering diberi masakan rumah berupa sayur buah atau sayuran berusia lebih cenderung akan makan sayur dan buah dalam porsi lebih banyak pada usia 7 tahun. Sementara itu, efek tersebut tak berlaku sama sekali pada bayi yang sering diberikan makanan kemasan.

Seperti dikutip jurnal Public Health Nutrition, para peneliti mengatakan, "Penemuan ini mendukung teori bahwa konsumsi buah dan sayuran penting dalam usia awal bayi." Dr Helen Coulthard dari De Montfort University menganjurkan para ibu harus memberikan bayi mereka maskan rumah berupa buah dan sayur setiap hari.

"Makanan kemasan biasanya memiliki rasa dan tekstur seragam, sedangkan yang dimasak di rumah tentu akan bervariasi sesuai dengan berbagai rasa buah atau sayuran, meski telah diberi berbagai bumbu," katanya seperti dikutip dari Daily Mail.

Prita Daneswari | mediaindonesia.com