4 Rabiul-Awwal 1444  |  Jumat 30 September 2022

basmalah.png

Kapan Sebaiknya Anak Berani Tidur Sendiri?

Kapan Sebaiknya Anak Berani Tidur Sendiri?Terkadang orangtua masih membiarkan anaknya tidur satu ranjang hingga usia tertentu. Tidur bersama anak memang bisa memberikan manfaat, tapi kapan sebaiknya anak harus sudah berani tidur sendiri?

Dr William Sears selaku dokter anak menuturkan bahwa tidur satu ranjang dengan anak bisa meningkatkan ikatan antara orangtua dengan anak, serta membuat anak tumbuh menjadi lebih percaya diri, seperti dikutip dari Babycenter, Senin (1/8/2011).

Selain itu ada pula beberapa hal yang menjadi pertimbangan orangtua untuk membiarkan anaknya tidur satu ranjang yaitu:

1. Momen untuk meningkatkan ikatan, bagi orangtua yang sibuk, maka tidur bersama bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan ikatan dengan anak terutama bagi sang ayah karena kemungkinan ia hanya memiliki sedikit waktu bersama dengan anak.

2. Agar mudah saat menyusui, ibu yang masih memberikan ASI untuk anaknya akan lebih mudah jika si kecil tidur satu ranjang dengannya, sehingga ia bisa lebih cepat memberikan susu ketika anaknya bangun di malam hari karena lapar.

Meski begitu orangtua sebaiknya tidak membiarkan anaknya tidur bersama hingga ia masuk sekolah, karena pada usia 6-7 tahun anak seharusnya sudah bisa tidur sendiri di kamarnya.

Untuk melatih anak agar berani tidur sendiri di kamarnya bisa dimulai sejak ia berusia sekitar 3 tahun. Kondisi ini akan memberinya proses pembelajaran secara bertahap sehingga saat anak mencapai usia sekolah, ia sudah berani tidur di kamarnya sendiri.

Untuk langkah awal tak ada salahnya orangtua turut menemani si kecil hingga ia tertidur pulas, setelahnya orangtua bisa meninggalkan anak tidur sendiri di kamar. Hal penting lain adalah orangtua harus bersifat fleksibel, dalam arti jika suatu saat anak terbangun di malam hari dan ingin pindah ke kamar orangtuanya maka tak perlu dilarang.

Selain itu buatlah anak merasa nyaman dengan kondisi kamarnya, salah satunya dengan melibatkan anak dalam menentukan kamarnya seperti warna cat. Dan jika anak sering pindah ke kamar orangtuanya saat malam hari, maka cari penyebabnya sehingga orangtua bisa tahu apa solusi yang terbaik untuk masalah tersebut.

Vera Farah Bararah - detikHealth