17 Jumadil-Akhir 1443  |  Kamis 20 Januari 2022

basmalah.png
ORANGTUA

Posisi Terbaik Menyusui Si Buah Hati

Posisi Terbaik Menyusui Si Buah HatiIngin tahu bagaimana posisi terbaik menyusui si buah hati? Nia Umar Wakil Ketua Umum AIMI ingin berbagi dengan  Anda, mengenai Posisi Menentukan PrestASI

Istilah ini sering didengar, dan sudah lazim jika disebutkan ketika ada yang mengikuti ujian atau sedang belajar, bagaiamana  posisi duduk seseorang berpengaruh dalam proses pembelajaran orang tersebut. Posisi baik sama dengan hasil yang baik. 

Setelah merasakan sendiri menyusui dua anak saya dan beberapa kali bertemu dengan ibu-ibu menyusui saat konseling ditambah sempat beberapa kali mendapat ilmu laktasi dari berbagai sumber yang terpercaya, penyataan “Posisi Menentukan PrestASI” dalam hal menyusui ini sangat mengena sekali. Mengapa?

 

Posisi Pelekatan Mulut Bayi ke Payudara Ibu

Pertanyaan yang sering muncul saat seorang ibu baru menyusui  adalah, Kenapa ya kalo  bayi saya menyusui sakit sekali? Ini juga terjadi ketika menyusui anak pertama yang lahir awal 2005 . Banyak Ibu merasa menyususi memang seharusnya sakit dan lagi  saya pun merasakan itu , bahkan sempat meyakini pernyataan seorang teman yang mengatakan bahwa menyusui lebih menyakitkan dibanding pengalaman melahirkan dia. Jadi saya pun merasa sakit ketika bayi menyusu adalah hal yang alamiah dan semua ibu menyusui rasakan.

Bagaimana agar saat menyusui Ibu tidak merasakan sakit , perhatikanlah   apakah bayi bisa memasukkan semua puting dan sebagian areola ke dalam mulut bayi (biasanya areola di bagian atas masih terlihat lebih banyak dibanding areola di bagian bawah). Posisi pelekatan mulut bayi dengan payudara seperti ini membuat puting ibu berada dekat sekali dengan langit-langit mulut bayi yang lembut.

Pada posisi ini, dagu bayi menempel pada payudara ibu dan hidungnya akan jauh dari payudara, jadi kepala bayi seperti mendongak. Sehingga ini memudahkan ia untuk menyusui. Perhatikan juga posisi badan bayi kepala dan pundak lurus menghadap ibu sehingga perut bayi menempel ke perut atau badan ibu. Coba gunakan bantal untuk bisa membantu mendapatkan posisi yang nyaman dan enak bagi ibu dan bayi.

Posisi pelekatan yang baik ketika posisi nyaman buat ibu , dan bayi  bisa mendapatkan ASI dengan mudah dan cukup . Namun seringkali mendapatkan pelekatan yang tepat menjadi sulit ini disebabkan pertemuan Ibu dan bayi yang penuh dengan Intervensi.

rimanews.com