16 Dzulhijjah 1442  |  Senin 26 Juli 2021

basmalah.png

Trik Agar Si Kecil Tak Pilih-pilih Makanan

Trik Agar Si Kecil Tak Pilih-pilih MakananMembuat anak mau mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, biasanya menjadi tugas yang cukup sulit. Beberapa anak ada yang sangat memilih-milih makanan, dan kebanyakan dari mereka tidak mau makan sayur atau buah.

Padahal, sayur dan buah kaya akan vitamin, mineral dan serat yang membantu pertumbuhan sang anak. Jangan terburu frustasi karena tidak juga berhasil membuat anak mau makan sehat. Seperti dikutip dari All Women Stalk, berikut ini beberapa trik membujuk anak agar mau makan sehat.

1. Beri Contoh yang Baik
Jangan berharap si anak mau makan makanan sehat jika Anda, orangtuanya, juga tidak menerapkan pola makan sehat. Semua orangtua pasti ingin anaknya mengonsumsi makanan sehat, tapi itu harus dimulai dari orangtua.

Jadilah contoh yang baik bagi anak Anda. Anak cenderung cepat meniru apa yang dilakukan orang dewasa. Hindari makan hidangan cepat saji atau junk food di depannya. Biasakan memakan sayuran, buah, atau makanan sehat lainnya saat Anda makan bersamanya dan tunjukkan kalau menyantap makanan sehat itu enak dan menyenangkan.

2. Sajikan dalam Porsi Kecil
Jika ingin si kecil mau mengonsumsi sayur, jangan 'mengintimidasinya' dengan menaruh sayuran hijau dalam satu piring penuh. Cukup sajikan satu sendok makan sayuran dan sajikan bersama nasi serta lauk pauknya. Untuk membuat makanan lebih menarik, beri sedikit warna. Misalnya tumisan buncis dengan wortel, atau tambahkan potongan tomat segar. Jika si kecil sudah mulai mau makan, Anda bisa menambah porsinya.

3. Jangan Memaksa
Jangan memaksanya makan sesuatu yang ia tidak suka. Si anak akan semakin benci dan menjauhi makanan tersebut. Membuat anak mau makan sayur dan buah memang bukan tugas yang mudah. Mintalah secara halus, bujuk atau rayu anak Anda (tapi jangan mengiming-iminginya dengan hadiah).

Lakukan terus menerus sampai dia mau makan. Mungkin awalnya dia hanya mau makan sedikit, misalnya satu sendok kecil tiap kali makan. Tapi ini adalah kemajuan yang bagus. Perlahan-lahan, tambahkan lebih banyak sayur saat menyuapinya. Perlahan-lahan dia akan terbiasa. Ingat, jangan sajikan sayur dan buah sekaligus banyak. Fokuskan dulu pada makanan yang dia suka.

4. Ajak Si Kecil Membantu Memasak
Anak biasanya lebih tertarik mencicipi apa yang telah dibuatnya. Kenapa tidak ajak si kecil membuat masakan bersama Anda? Cari resep yang mudah dibuat dan tidak membahayakan anak. Misalnya roti isi daging dan selada, membantu menghias makanan yang sudah jadi, atau mengaduk bahan.

Anda bisa membuat skenario, dimana Anda dan si kecil bertugas jadi koki di restoran yang harus membuatkan makanan untuk tamu. Dalam hal ini, Anda bisa ajak suami untuk berpartisipasi. Setelah masakan jadi, minta anak untuk mencicipinya.

Hestianingsih - wolipop