7 Rajab 1444  |  Minggu 29 Januari 2023

basmalah.png

Alasan Orang Bisa Sangat Optimis & Positif

Alasan Orang Bisa Sangat Optimis & PositifTerkadang, Anda pasti menemui orang yang bisa sangat optimis dan positif. Ilmuwan berhasil mengungkap alasan mengapa terdapat orang-orang seperti ini.

Orang yang terlahir optimis mewarisi ‘gen senang’ dari orang tuanya. Temuan ini membatu menjelaskan alasan mengapa beberapa orang selalu cenderung pesimis sementara lainnya tidak. Untuk itu, uji coba pada 100 orang dilakukan Profesor Elaine Fox di Essex University.

Para partisipan ditunjukkan gambar positif dan negatif di layar komputer, termasuk anjing menggeram dan anak kecil yang tersenyum. Melalui terapi berbasis komputer revolusioner, Fox berhasil mengetahui pada gambar mana orang lebih tertarik untuk dilihat.

Selain itu, para partisipan juga memberi sampel DNA mereka untuk diuji guna mengetahui keberadaan gen 5-HTTLPR yang mempengaruhi tingkat zat kimia ‘perasaan senang’ serotin. Manusia mewarisi versi panjang dan pendek gen ini atau dua gen panjang atau pendek.

Menurut hasil riset yang diterbitkan di Biological Psychiatry, mereka yang memiliki dua versi gen pendek fokus pada gambar positif dan menghindari yang negatif. Anehnya, gen semacam ini terkait perasaan resah dan depresi.

Selain itu, pemilik gen ini ‘sangat emosional’ dalam merespon lingkungannya. “Saat kondisi sangat baik, mereka dengan gen pendek sangat diuntungkan,” ujar Fox seperti dilaporkan Dailymail.

Billy A. Banggawan | inilah.com