pustaka.png
basmalah.png


13 Dzulqa'dah 1442  |  Rabu 23 Juni 2021

5 Kebiasaan yang Mencerdaskan Anak

5 Kebiasaan yang Mencerdaskan Anak Ingin si buah hati tumbuh menjadi anak yang sehat? Ada cara mudah kok untuk mewujudkannya. Pakar anak Chris Paterson memberikan rekomendasi 5 hal yang wajib dilakukan setiap hari supaya anak tubuh menjadi sosok yang sehat nan cerdas.

1. Bacakan buku untuk anak selama 15 menit setiap hari. Membacakan buku secara teratur semenjak kecil penting bagi kemampuan bahasa, mempererat hubungan, dan mengembangkan otak anak.

2. Bermain dengan anak di lantai selama 10 menit. Orang dewasa dan anak perlu berada pada tingkat fisik yang sama supaya bisa bersenang-senang bersama.

3. Ngobrol dengan anak selama 20 menit dengan mematikan televisi. Matikan segala gangguan eksternal, seperti TV, Ini sangat penting supaya Anda dapat fokus dalam mengobrol sehingga tak ada yang mengalihkan perhatian kita.

4. Perhatikan sikap positif anak dan pujilah dia. Ini termasuk dalam kualitas interaksi antara orangtua dan anak, bukan kuantitas.

5. Berikan anak makanan yang bergizi untuk pertumbuhannya. Anak-anak membutuhkan makanan yang baik untuk tumbuh dan berkembang. Tetapi yang juga penting, selera dan kebiasaan makan terbentuk pada awal kehidupan. Maka itu, penekanan pada nutrisi sehat dalam kehidupan awal dapat menyebabkan kebiasaan makan yang sehat sepanjang hidup sekaligus sebagai pencegahan obesitas dan penyakit lainnya.

Prita Daneswari
mediaindonesia.com