pustaka.png
basmalah.png.orig


14 Dzulqa'dah 1442  |  Kamis 24 Juni 2021

Do It First

Do It First Pernahkah Anda meminta putra-putri Anda melakukan sesuatu namun mereka tidak menghiraukan Anda? Pernahkah Anda menasihati orang lain akan tetapi ucapan Anda tidak berbekas apapun pada dirinya?
Saya pernah mengalaminya, dan saya yakin Andapun juga.

Hal ini seringkali membuat kita jengkel, marah dan emosional kepada anggota keluarga yang lain. Di dalam hati bisa jadi kita mengatakan, “Masa begini saja tidak mau?” “Masa diminta melakukan ini saja ogah?”

Nah, silakan marah. Silakan jengkel. Namun sebelum emosi ini meledak, silakan jawab pertanyaan berikut pada diri kita masing-masing. Sudahkah kita melakukan hal yang kita perintahkan itu terlebih dahulu, daripada anggota keluarga kita yang lain? Sudahkah kita memberi tauladan pada anggota keluarga kita untuk melakukan apa yang kita inginkan?

Jika belum. Maka sejujurnya kita tidak memiliki alasan apapun untuk marah. Kita juga tidak punya argumen apapun untuk emosi. Bagaimana kita bisa meminta orang lain melakukan apa yang kita inginkan sedangkan kita tidak pernah memberi contoh di depannya? Misalnya, kita ingin putra-putri kita rajin belajar. Namun kita tidak pernah mengajak anak-anak untuk belajar bersama, atau minimal membaca buku keilmuan di depan mereka.

 

Kita ingin buah hati kita membuang sampah di tempatnya. Namun ternyata kita membuang sampah sekenanya. Kita mau si kecil rajin beribadah, namun (maaf) kita menyentuh sajadah dan kitab sucipun enggan.

Guru spiritual saya pernah mengatakan, “Jika Anda tidak memberi tauladan kebaikan kepada putra-putri Anda, maka jangan harap mereka menjadi baik seperti yang Anda inginkan.”

Bagaimana cara memberi tauladan yang baik? Lakukan hal itu terlebih dahulu. Kemudian ajak putra-putri Anda melakukan hal yang sama. Ketika telah terbiasa, maka Anda bisa meminta mereka untuk melakukan kebiasaan itu sebagai rutinitas. Ketika kebiasaan sudah menjadi rutinitas, maka diri ini akan otomatis mengikuti ritme yang ada. Ibarat makan dan mandi yang sudah jadi rutinitas manusia.

Maka sebelum Anda meminta orang lain melakukan kebaikan, lakukan hal itu terlebih dahulu sebagai rutinitas Anda. Do it first!

quickachu79.blogspot.com