11 Rabiul-Awwal 1444  |  Jumat 07 Oktober 2022

basmalah.png

Cara Mengajarkan Kepekaan Sosial kepada Anak

Cara Mengajarkan Kepekaan Sosial kepada AnakFiqhislam.com - Kepekaan sosial penting ditanamkan semenjak kecil pada anak, agar kelak ia menjadi manusia dewasa yang peka dengan lingkungan sekitarnya. Bagaimana caranya? Ikuti DR dr Theresia ND Kaunang Sp K J (K)

1. Nilai-nilai yang ditanamkan harus jelas dan konsisten.
Maksudnya, bila anak diajarkan untuk berbagi, tanamkan pula bahwa berbagi itu baik tapi bukan berarti mengalah dan malah tidak mendapatkan yang menjadi haknya. Selain itu, orangtua juga harus konsisten. Umpama, ada 1 ekor ikan untuk makan malam, sedangkan anggota keluarga itu ada 5, maka ikan itu tetap harus dibagi 5 walaupun ayah belum tiba di rumah dari kantornya.

2. Orangtua menjadi contoh.
Anak meniru dari orangtuanya, jadi orangtua patut menjaga perilaku dan sikapnya dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, orang dewasa kadang ingin memudahkan dan bersikap sekehendak hatinya, padahal tanpa disadari ada anak-anak di sekitarnya yang melihat.


3. Menerapkan konsekuensi.

Untuk memacu anak, tak ada salahnya memberikan penghargaan, dapat berupa pelukan atau pujian, tak harus berupa hadiah. Sebaliknya, bila melanggar dapat diberikan sanksi, semisal dengan melarang melakukan sesuatu yang disenangi si prasekolah. Tidak diizinkan menonton televisi selama 2 hari, umpamanya

Anita K Wardhani
tribunnews.com