27 Dzulqa'dah 1443  |  Senin 27 Juni 2022

basmalah.png

Agar Anak Tak Takut Tidur Sendiri

Agar Anak Tak Takut Tidur SendiriFiqhislam.com - Ketika anak Anda masih bayi, mungkin Anda tak akan mengalami kesulitan untuk tidur karena rasa takut gelap di malam hari. Hal ini disebabkan karena Anda selalu menjaganya disetiap malam, sehingga mereka tidak akan merasa takut saat siang atau malam hari.

Namun, ketika anak-anak mulai beranjak balita, pasti akan ada saatnya untuk mengajarkan mereka untuk berani tidur di kamarnya sendiri. Ketika tiba waktunya untuk tidur sendiri, balita cenderung akan mengalami kesulitan untuk tidur sendiri di malam hari. Tak jarang waktu tidur malam menjadi sangat menakutkan untuk mereka.

"Gelapnya malam ini berubah menjadi sangat menakutkan bagi balita berusia empat tahun. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan daya kognitif pada otak dan juga tingkat imajinasi yang tinggi," ungkap Jonathan Kushnir, PhD, seorang ilmuwan dari Tel Aviv University.

Ketakutan ini harus segera dihilangkan agar anak-anak menjadi mandiri dan menghindari kecemasan akan gelap yang berimbas pada terganggunya tidur malam.

Jangan terlalu sering untuk menemani anak Anda dan menjaganya sampai tertidur, karena hal ini justru akan membuat mereka mengandalkan Anda dan akhirnya tidak bisa mandiri. Balita yang mengandalkan orang tua untuk menjaganya sampai tertidur di malam hari, akan membuat mereka sering terbangun di malam hari dan semakin ketakutan pada gelap sampai mereka dewasa.

Benda teman tidur
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketakutan anak agar mereka bisa tidur sendiri dan nyenyak di malam hari.  Salah satu caranya adalah dengan memilih lampu tidur yang cantik, dan disukai anak sehingga menghadirkan rasa nyaman untuk anak-anak. Selain itu, tak ada salahnya untuk menyediakan sebuah boneka lucu di atas tempat tidurnya.

"Dari percobaan yang dilakukan, tiga dari empat anak yang diberikan berbagai item kenyamanan yang ada di dalam kamarnya seperti boneka, atau lampu tidur yang cantik, bisa mengurangi ketakutan saat tidur malam, dan justru dapat meningkatkan kualitas tidur setelah satu bulan," ungkap Kushnir dalam European Journal of Pediatrics.

Sugesti
Untuk menghilangkan ketakutan anak saat tidur malam, berikan anak Anda mainan baru seperti boneka. Lalu katakan padanya bahwa ia harus melindungi boneka tersebut dari gelap malam agar mereka bisa tidur nyenyak. Hal ini akan membuat anak Anda bisa merasa lebih hebat sehingga harus melindungi bonekanya tersebut.

Cara lainnya adalah dengan mengatakan padanya bahwa boneka yang tidur bersamanya itu bertugas untuk menjaga mereka agar tetap aman dan nyaman. Ucapan ini akan membuat anak Anda bisa tidur lebih nyenyak karena mereka merasa aman dan terlindungi.
 
Parenting
kompas.com