23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

5 Cara Membangun Hubungan yang Sehat dengan Anak

5 Cara Membangun Hubungan yang Sehat dengan Anak

Fiqhislam.com - Hubungan yang paling penting dalam hidup dibangun dari kepercayaan dan cinta. Ikatan tanpa syarat dan suportif antara orangtua dan anak adalah salah satu hubungan yang melampaui ikatan emosional apa pun.

Anak-anak mencari dukungan dari orangtua mereka dan mencari kasih sayang, cinta dan keamanan. Ini adalah dasar-dasar memiliki hubungan yang sehat dengan anak Anda.

Mereka perlu didengar dan dirawat sebagai anak-anak. Melansir Pinkvilla, berikut adalah beberapa cara Anda dapat memperkuat ikatan dengan anak Anda.

1. Ekspresikan cinta lebih sering

Kita sering menerima begitu saja bahwa anak-anak tahu betapa kita mencintai mereka. Tapi itu tidak semua. Anak-anak membutuhkan cinta, kasih sayang, dan perhatian.

Cobalah untuk menjangkau mereka, mengungkapkan cinta Anda, mengatakan 'Aku mencintaimu' lebih sering dan memberi mereka kehangatan dan menunjukkan kasih sayang kepada mereka beberapa kali sehari.

2. Berkomunikasi dengan mereka

Pastikan Anda berkomunikasi dengan baik ketika berbicara dengan anak-anak. Dengan cara ini, mereka akan belajar bagaimana menjadi lebih ekspresif dan mereka akan membangun koneksi berdasarkan komunikasi dan kejujuran. Akui perasaan mereka, dengarkan perspektif mereka dan beri tahu mereka bagaimana keadaannya, sebenarnya.

3. Ciptakan tempat yang aman

Sebagai orangtua, Anda perlu menciptakan ruang yang aman bagi anak-anak di mana mereka merasa terlindungi dan merasa diperhatikan. Kebutuhan mereka didengar dan diketahui.

Ini bisa menjadi dunia yang gila begitu mereka bertambah tua, pastikan mereka tahu bahwa mereka dapat mempercayai jika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dan mereka selalu mendukung Anda, apa pun yang terjadi.

4. Dengarkan mereka dan bersabarlah

Semuanya dimulai dengan menjadi pendengar yang sabar. Berempati dengan perasaan anak Anda dan cobalah untuk berada di sana untuk mereka sebanyak yang Anda bisa.

Ini bisa menjadi masalah kecil yang mereka alami tetapi lima menit dari waktu Anda dari jadwal sibuk Anda adalah yang mereka butuhkan kadang-kadang.

5. Makan bersama

Buat jadwal di mana Anda menghabiskan setidaknya 30-60 menit tanpa gangguan. Cara lain untuk bersama anak-anak Anda dan menghabiskan waktu berkualitas bersama mereka adalah dengan makan bersama.

Seseorang dapat melakukan percakapan keluarga yang menyenangkan selama makan. Dorong mereka untuk menyimpan handphonenya supaya bisa hadir dan terhubung sebagai keluarga secara real-time. [yy/okezone]