29 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 04 Desember 2021

basmalah.png

Cara Persiapkan Anak Gadis Menghadapi Menstruasi Pertama

Cara Persiapkan Anak Gadis Menghadapi Menstruasi Pertama

Fiqhislam.com - Banyak anak gadis khawatir mereka akan mendapatkan menstruasi pertama mereka ketika di sekolah, saat menginap di rumah teman/saudara, atau ketika ibunya tidak ada untuk membantu.

Meskipun Anda tidak memiliki kendali atas kapan menstruasi putri Anda akan dimulai, Anda dapat mempersiapkannya untuk hal-hal yang tidak terduga. Melansir Family Well, inilah yang harus Anda ketahui terkait hal tersebut.

Bicara tentang Perubahan Pubertas dan Tanda-Tanda yang Mungkin Dia Alami

Pastikan putri Anda mendapat informasi yang baik tentang menstruasi dan perubahan normal pubertas. Ada banyak sumber luar biasa yang tersedia saat ini yang benar-benar membantu anak perempuan melalui perubahan ini dengan cara yang positif.

Jelaskan beberapa perubahan umum yang mungkin dialami seorang gadis sebelum menstruasi dimulai seperti kram, sakit kepala, kekurangan energi, perubahan suasana hati, dan perasaan basah pada celana dalamnya, dll.

Tunjukkan padanya Cara Menggunakan Pembalut dan Melacak Menstruasinya

Luangkan waktu untuk menunjukkan padanya cara menggunakan pembalut dengan benar, sehingga jika Anda tidak ada di sana, dia akan tahu apa yang harus dilakukan.

Selain itu, jika Anda membantu si gadis belajar melacak menstruasi setelah dia mulai menstruasi, itu akan sedikit membantu mengurangi stres dan kecemasannya.

Diskusikan Apa yang Harus Dilakukan jika Itu Terjadi di Sekolah

Jelaskan kepada anak Anda bahwa jika dia mengira menstruasinya telah tiba, dia perlu meminta izin untuk pergi ke kamar mandi untuk memeriksanya.

Arahkan juga putri Anda untuk membawa tas kecil yang berisi pembalut. Jadi, ketika menstruasi datang, dia dapat pergi ke kamar mandi dengan tenang tanpa ada yang melihatnya membawa pembalut.

Buat Rencana saat Dia Jauh dari Rumah untuk Waktu yang Lama

Jika putri Anda pergi ke perkemahan atau tempat lain untuk waktu yang lama, Anda harus berpikir ke depan. Kemasi beberapa pembalut untuk berjaga-jaga jika dia mendapat menstruasi pertamanya saat dia pergi. Informasikan kepadanya tentang apa saja yang harus dilakukan jika hal itu terjadi.

Mengapa Penting untuk Membahas Menstruasi dengan Anak Gadis Anda?

Cara terbaik untuk meredakan kecemasan seorang gadis tentang menstruasi adalah dengan memberi tahu dia bahwa ketika perubahan datang, dia siap dan percaya diri.

Mendapatkan menstruasi pertamanya bisa membuat stres bagi seorang praremaja, tetapi dengan sedikit informasi dan bantuan dari Anda, dia akan menghadapi perubahan dengan percaya diri. [yy/republika]