21 Jumadil-Akhir 1443  |  Senin 24 Januari 2022

basmalah.png
ORANGTUA

Ibu Depresi Kurang Sensitif pada Anak

Ibu Depresi Kurang Sensitif pada AnakFiqhislam.com - Menurut sebuah penelitian, perempuan yang melawan tekanan jangka panjang hingga kemudian depresi cenderung bersikap kurang sensitif terhadap anak mereka.

Ibu bergejala depresi lebih tinggi menunjukkan respon stres yang terlalu aktif. Sementara justru ibu yang berjuang dengan kemiskinan memiliki respon kurang aktif terkait masalah ekstrem yang dihadapi.

"Stres itu ada di bawah sadar. Benar-benar bisa mengubah cara seseorang terutama ibu menanggapi tuntutan normal anak-anak kecil dan perubahan-perubahan lingkungan yang membuat mereka sulit berpikir positif," jelas Asisten Profesor Psikologi di University of Rochester Melissa Sturge-Apple seperti dikutip Times of India.

Lebih lanjut Direktur Riset di University of Rochester Mt.Hope Family Centre Fred Rogosch mengukur dan memantau tingkat stres seseorang menggunakan nirkabel baru elektrokardiograf (EKG). Perangkat tersebut mampu menganalisis perubahan irama halus pada jantung ketika seseorang mengalami tekanan.

Mereka mengamati 153 ribu ibu dengan anak mereka berusia 17-19 bulan dalam sesi dua jam. Meskipun gambar depresi diperoleh dari seseorang yang lesu dan sedih, Sturge-Apple menegaskan depresi pada ibu dikaitkan dengan orang tua yang sangat reaktif dan cenderung tidak tenang.

Annisa Indri Lestari
mediaindonesia.com