4 Rabiul-Awwal 1444  |  Jumat 30 September 2022

basmalah.png

Pilah-pilih Kursi Terbaik Saat Balita Naik Pesawat

Pilah-pilih Kursi Terbaik Saat Balita Naik PesawatFiqhislam.com - Bepergian bersama balita dengan pesawat terbang, apa yang harus dilakukan? Hal pertama yang harus dipastikan orangtua adalah kenyamanan dan keamanan tempat duduk balita.

Saat berada di atas pesawat, umumnya anak-anak terutama balita dan bayi cenderung rewel akibat tekanan udara dalam pesawat yang menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk mengatasi hal ini, salah satu yang bisa dilakukan adalah memilih tempat duduk terbaik untuk balita.

Simak tipnya berikut ini, seperti dikutip Travelingkids, Rabu (1/2/2012):

Bawa balita, duduk di kursi sebelah gang

Apabila Anda terbang bersama balita, sebaiknya pilih kursi pesawat di dekat gang (aisle seat), bukan kursi dekat jendela. Balita umumnya perlu sering ke toilet dan duduk di kursi gang akan memudahkan Anda untuk keluar. Selain itu, Anda dapat membiarkan si kecil berjalan-jalan di gang pesawat bila ia merasa bosan.

Minta kursi dengan ranjang bayi

Apabila Anda membawa bayi, biasanya penerbangan tertentu menyediakan ranjang bayi yang bisa disangkutkan ke kursi. Fasilitas ini akan memudahkan Anda untuk menidurkan bayi di pesawat.

Menyusui, minta kursi di sebelah jendela

Saat berada dalam penerbangan, biasanya bayi tidak merasa nyaman karena tekanan udara yang masuk lewat telinga dan membuatnya sakit. Untuk meminimalisir hal ini, Anda bisa menyusuinya. Karena itu, mintalah kursi dekat jendela agar Anda punya lebih banyak privasi.

Satu orang dewasa berpergian dengan satu atau lebih anak-anak

Bila Anda berpergian bersama dua orang anak dalam pesawat, duduklah di antara mereka, dengan satu anak di kursi sebelah jendela dan satu anak lagi di kursi sebelah gang. Ini memudahkan Anda untuk mengurus keduanya dalam waktu bersamaan secara praktis.

Dua orangtua berpergian bersama satu atau lebih anak-anak

Untuk kondisi seperti ini, usahakan menaiki pesawat yang memiliki empat kursi dalam setiap barisnya. Namun bila ternyata pesawat yang Anda naiki hanya ada tiga kursi setiap baris, maka pilih kursi yang berada satu baris dengan pasangan dan anak-anak, bukan kursi yang ada di belakang atau depannya. Cara ini memudahkan Anda untuk melihat dan membantu kondisi mereka.

Mutya Hanifah - Okezone