21 Jumadil-Akhir 1443  |  Senin 24 Januari 2022

basmalah.png
ORANGTUA

Kanker juga Mengancam Anak

Fiqhislam.com - Keganasan penyakit kanker bukan hanya mengincar orang dewasa, namun juga anak-anak. Kelucuan mereka saat bermain, segera terhapus akibat ancaman kanker yang tidak mengenal usia.

Kanker juga Mengancam Anak Ancaman akan bahaya kanker terhadap anak-anak itu kembali diingatkan bertepatan dengan peringatan Hari Kanker Anak sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Februari. Hal tersebut bukan serta merta sebagai ajang peringatan, namun sebagai bahan kajian bahwa kasus kanker anak yang kian meningkat dari tahun ke tahun.

Dikutip dari health.com, dari penelitian pada tahun 2007 saja diperkirakan keseluruhan kanker menyerang anak-anak sebanyak 2-4 persen, dan kanker menyumbang kematian pada anak sekitar 10 persen.

Beragam penyebab kanker yang ditemui pada anak. Kanker yang menyerang bayi sejak dilahirkan, diduga disebabkan oleh penyimpangan pertumbuhan sel akibat cacat genetika dalam janin.

Selain itu penyebab kanker pada anak dipicu oleh gaya hidup, seperti faktor lingkungan, makanan yang tidak sehat, maupun infeksi virus dan radiasi. Atau perpaduan antara faktor genetika, lingkungan, infeksi virus, dan radiasi.

Kanker yang paling banyak menyerang anak-anak adalah kanker darah atau leukemia (25-30%), disusul oleh retinoblastoma (kanker retina mata), limfoma (kanker kelenjar getah bening), neuroblastoma (kanker saraf), kanker ginjal (tumor Wilms), rabdomiosarkoma (kanker otot lurik), dan osteosarkoma (kanker tulang).

Pendeteksian dan pengobatan sejak dini menjadi harapan bahwa kanker pada anak dapat disembuhkan. Namun diperlukan peran keluarga, karena anak-anak belum dapat menceritakan gejala sakit yang mereka rasakan.

mediaindonesia.com