pustaka.png
basmalah.png.orig


12 Dzulqa'dah 1442  |  Selasa 22 Juni 2021

Anak Kembar Lebih Cepat Mandiri?

Fiqhislam.com - Punya anak kembar di usia balita sering dianggap merepotkan. Anda tidak hanya mengurus satu anak yang sedang sibuk-sibuknya mengeksplorasi dunia sekitarnya, tetapi dua atau bahkan lebih.

Anak Kembar Lebih Cepat Mandiri?Tetapi Matthew Broderick, suami aktris Sarah Jessica Parker, ternyata memiliki pandangan yang berbeda tentang hal ini.

Dengan tiga anak, James Wilkie (9), Loretta dan Tabitha (2,5), mereka memang jadi terlatih untuk  menjadi orangtua yang cekatan. Tetapi putri kembarnya itu ternyata tidak membuatnya menjadi multitasker yang lebih baik. Justru mereka lah yang mengajarkan sang ayah untuk tidak selalu melayani keinginan mereka.

"Sekarang saya terbiasa untuk tidak memberikan seluruh perhatian yang diinginkan sepanjang waktu," tutur aktor berusia 49 tahun ini. "Anda memang harus menenangkan diri seperti itu sesekali, misalnya ketika seorang anak berteriak meminta sesuatu, dan Anda tak bisa langsung memberikannya pada mereka. Tetapi mereka akan terbiasa dengan cara itu, jadi sebenarnya bagus juga."

Ketika Loretta dan Tabitha masih bayi, Matthew mengaku sudah menguasai teknik memberikan susu untuk keduanya pada waktu bersamaan. Tetapi kebiasaan itu tidak diperlukannya lagi sekarang, karena si kembar sudah lebih mandiri. Ketika salah satu dari mereka sedang digendong, yang lain biasanya akan berbaring saja di atas tempat tidur. Dengan kata lain, jika salah satu sedang mendapat perhatian dari orangtuanya, yang lain tidak akan menuntut perhatian pada waktu yang sama.

"Agak sedih juga sih melihatnya. Tetapi hal itu membuat mereka jadi lebih mampu mencukupi diri sendiri. Mereka belajar untuk mengurus diri sendiri," katanya.

Yang paling manis dengan memiliki anak kembar, Matthew melihat bahwa kedua anaknya itu saling terikat satu sama lain, dan selalu akur.

kompas.com