27 Dzulqa'dah 1443  |  Senin 27 Juni 2022

basmalah.png

Cara Asyik Orang Tua Berkomunikasi dengan Anak Remaja

Fiqhislam.com - Masa remaja bagi setiap individu bisa menjadi masa sulit. Hal ini muncul karena remaja mulai mengembangkan identitas individu mereka sendiri. Mereka mengalami perubahan secara biologis dan fisiologis dan sadar tentang seksualitas.

Cara Asyik Orang Tua Berkomunikasi dengan Anak RemajaPeriode remaja sering menjadi kekhawatiran para orang tua. Berikut ini cara berkomunikasi yang lebih baik dengan anak remaja Anda:

Luangkan waktu bersama
Di usia remaja, anak Anda lebih suka menghabiskan waktu dengan teman-temannya. Namun sebagai orang tua penting untuk meluangkan waktu dengan mereka seperti makan bersama, menonton film atau sekedar belanja. Cara ini memberikan banyak kesempatan ikatan antara anak, Anda dan kehidupannya.

Bersabar
Remaja sering menghadapi kebingungan untuk membuat keputusan. Jika anak melakukan kesalahan, Anda harus bersabar. Alih-alih mereka berbicara seenaknya, biarkan mereka mengutarakan alasan terkait sesuatu yang mereka lakukan. Setelah itu beritahu dan yakinkan mereka jika membutuhkan sesuatu. Biarkan mereka tahu bahwa Anda mencintai mereka.

Beri privasi
Remaja merupakan dewasa muda dan perlu beberapa tingkat privasi pribadi. Jangan sering memantau percakapan telepon, memeriksa akun email dan jejaring sosial mereka. Jika anak Anda mengetahui orang tuanya memata-matai, mereka akan melihatnya sebagai tanda ketidakpercayaan.

mediaindonesia.com