14 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 21 Oktober 2021

basmalah.png

Jangan Biarkan Anak Anda Bawa Tas Berat

Fiqhislam.com - Sebuah studi menyimpulkan, anak-anak dengan tas sekolah yang berat menghadapi risiko lebih besar untuk menderita nyeri punggung.

Jangan Biarkan Anak Anda Bawa Tas Berat Satu tim peneliti Spanyol melaporkan kaitan tersebut ditemukan pada lebih dari 1.400 anak sekolah berusia antara 12 tahun dan 17 tahun di Galicia Utara, Spanyol. Demikian laporan jurnal Inggris, Archives of Disease in Childhood.

Semua murid tersebut dipecah menjadi empat kelompok dengan dasar berat tas mereka, demikian laporan Xinhua, Ahad (18/3).

Siswa yang berada di kelompok dengan tas paling berat memiliki risiko 50 persen lebih tinggi untuk menderita nyeri punggung, dan risiko 42 persen lebih tinggi untuk menderita patologi punggung, dibandingkan dengan kelompok dengan tas paling ringan.

Patologi punggung umum pada murid adalah scoliosis, yaitu lengkungan tidak normal pada tulang belakang.

"Hasil yang diperoleh memiliki dampak kuat," kata penulis bersama studi itu, Profesor Alberto Ruano, dari University of Santiago de Compostel di Spanyol di dalam jurnal tersebut.

"Kami sangat mendorong masyarakat pendidikan dan medis agar mulai memberi penjelasan kepada para orang tua dan anak sekolah mengenai risiko yang ditimbulkan oleh tas sekolah yang berat dan kenyataan bahwa risiko ini dapat dengan mudah dikurangi," kata Ruano lebih lanjut.

metrotvnews.com