9 Safar 1443  |  Jumat 17 September 2021

basmalah.png

Apa yang Harus Dilakukan jika Anak Tidak Patuh

Apa yang Harus Dilakukan jika Anak Tidak Patuh


Fiqhislam.com - Anak seringkali melakukan hal- hal yang membuat orangtua khawatir dan terkadang mereka mengabaikan apa yang dikatakan. Memang masa kanak-kanak adalah masa dimana anak banyak melalui tahapan, tantangan, dan perubahan.

Namun, sudah waktunya mengambil tindakan untuk si kecil yang tidak patuh. Ketidakpatuhan pada anak dapat diperbaiki melalui komunikasi dan strategi yang tepat serta membentuk hubungan baik dengannya.

Kemungkinan yang menyebabkan anak tidak patuh adalah karena mereka sedang melalui tahap di mana mulai mengukur seberapa jauh mereka harus pergi untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Bisa juga karena beberapa faktor seperti konflik parental, gangguan tidur, perceraian, kesulitan sosial, dan hiperaktif.

Terkadang kita sebagai orangtua, bingung bagaimana cara menghadapi anak yang tidak patuh. Dilansir dari Steptohealth, Minggu (2/12/2018), mengidentifikasi perilaku dari seorang anak yang tidak patuh sangat penting. Oleh karena itu, berikut beberapa saran yang akan membantu memperbaiki ketidakpatuhan pada anak.

Daftarkan mereka untuk kegiatan olahraga atau seni

 

Anak-anak sering sekali penasaran terhadap sesuatu hal apalagi jika kita melarangnya. Cobalah daftarkan anak Anda untuk mengikuti kegiatan olahraga atau seni yang mereka minati. Hal ini akan membantu dan menciptakan kebiasaan disiplin pada mereka.

Mengambil hak istimewa ketika mereka tidak patuh

 

Mengambil hak istimewa seperti hal-hal yang disukainya atau hal yang menghiburnya ketika mereka tidak patuh akan membantu memperbaiki perilaku tidak patuh mereka.

Namun, jangan pernah menghukum mereka tanpa penjelasan. Cobalah berbicara kepada anak Anda dan buatlah dia mengerti bahwa setiap tindakan yang dilakukan memiliki konsekuensi.

Komunikasikan ketidakpatuhannya membuat kekhawatiran

 

Memarahinya bukanlah cara agar anak dapat mematuhi apa yang Anda katakan. Cobalah berbicara dan beri tahu mereka sikap tidak patuhnya akan membuat Anda merasa khawatir. Jelaskan kepada mereka ketidakpatuhan nya akan mempengaruhi dirinya disetiap tahap hidupnya. Ajari mereka bahwa mengikuti aturan sangat penting untuk mempertahankan hubungan antarkeluarga dan sosial. Membiarkan anak tahu bahwa tingkah lakunya dapat mempengaruhi keluarga dan membuat kekhawatiran akan menciptakan ikatan keluarga yang lebih besar.

Sehingga anak akan mengerti bahwa sikapnya dapat mempengaruhi orang yang dicintainya, dan dia akan mulai memperbaikinya karena memiliki naluri untuk melindungi.

Jika Anda berada dalam situasi ini, tetap tenang dan tidak melakukan tindakan impulsif. Meskipun ketidakpatuhan anak dapat membuat frustrasi, sebaiknya Anda menghadapi masalah seperti ini dengan komunikasi dan strategi yang tepat seperti mendengarkan dan berbicara yang dapat diterima si anak. [yy/okezone]

 

Tags: Anak | Nakal | Tidak Patuh