15 Syawal 1443  |  Selasa 17 Mei 2022

basmalah.png

Kiat Jalin Komunikasi Efektif dengan Keluarga

Fiqhislam.com - Apakah Anda teratur bertemu dan berbicara dengan keluarga tentang masalah atau peristiwa yang dialami seperti hari? Atau komunikasi Anda hanya sebatas sapaan belaka?Padahal kunci hubungan erat dengan keluarga adalah komunikasi yang baik.

Kiat Jalin Komunikasi Efektif dengan Keluarga Nah, untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, cobalah terapkan beberapa langkah sederhana berikut ini:

1. Ciptakan kesempatan untuk berbicara
Orang tua yang bekerja, anak-anak yang sibuk sekolah, latihan sepak bola dan les piano pasti sulit jarang bertemu. Alangkah baiknya siasati waktu setiap minggunya untuk meluangkan waktu berbincang-bincang. Misalnya saat berkendara bersama di mobil matikan radio, ponsel atau berhenti bermain game untuk sekedar mengobrol.

2. Makan bersama keluarga
Rancang ritual rutin makan bersama. Gunakan meja makan keluarga sebagai kesempatan berbagi apa yang terjadi dalam kehidupan masing-masing anggota keluarga.

3. Kencan dengan anak
Habiskan waktu khusus bersama masing-masing anak. Cari rumah makan favorit anak atau pergi ke supermarket bersama.

4. Gunakan teknologi
Buat sebuah newsletter online keluarga yang dipublikasikan bulanan. Setiap orang dalam keluarga bisa memberikan kontribusi artikel dan informasi tentang diri mereka sendiri. Semua anggota keluarga bisa mengaksesnya lewat komputer, tablet, ponsel dan perangkat teknologi lainnya.

mediaindonesia.com