14 Jumadil-Akhir 1443  |  Senin 17 Januari 2022

basmalah.png

ORANGTUA

Hadapi Banyak Tantangan, Ibu Tak Boleh Kehilangan Motivasi Membesarkan Anak Berkebutuhan Khusus

Hadapi Banyak Tantangan, Ibu Tak Boleh Kehilangan Motivasi Membesarkan Anak Berkebutuhan Khusus


Fiqhislam.com - Cinta kasih ibu menjadi pondasi yang penting untuk membentuk sebuah keluarga. Terlebih bagi ibu yang merawat anak-anak berkebutuhan khusus, butuh dukungan yang kuat agar mampu menghadapi emosinya yang tidak stabil.

Setiap ibu pasti menghadapi banyak cobaan yang berbeda-beda setiap kali menjadi pondasi keluarga. Peran ibu sangat penting dalam keluarga dari segi apapun.

Kita selalu percaya, di tangan ibu masa depan anak-anak terjamin. Tanpa adanya sentuhan dari ibu, anak-anak tidak dapat tumbuh menjadi dewasa secara sempurna.

Begitu juga dengan ibu yang harus merawat anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka harus tegar menghadapi kenyataan yang dialami.

Semesta harus mendukung agar ibu tidak merasa malu dan takut menghadapi masalahnya. Orang-orang di sekitar juga harus melakukan hal baik dan melindungi ibu agar tidak merasa terpuruk.

Konsultan Kemuning Kembar Anggiastri Hanantyasari Utami mengungkapkan, banyak ibu dengan anak berkebutuhan khusus cenderung pasif dan kehilangan motivasi saat merawat buah hatinya. Seharusnya, masalah ini tidak boleh terjadi karena ibu adalah permata bagi anak-anak dan keluarga.

"Faktanya banyak ibu yang tidak bisa menerima kalau harus merawat anak-anak berkebutuhan khusus. Ibu merasa malu dan lebih tertutup di masyarakat," ujar Anggi di sela Media Gathering Nivea #Sentuhanibu di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017).

Tidak semestinya ibu menutupi permasalahan yang dihadapi. Seorang ibu pasti diciptakan tangguh oleh Tuhan.

Seorang ibu, menurut Anggi, harus percaya diri dalam merawat anak meski ada hal spesial. Ibu juga harus terbuka supaya meringankan beban masalahnya.

Ibu juga tak harus kehilangan motivasi saat membesarkan buah hatinya. Ibu juga tak boleh membedakan anak-anak dalam sebuah keluarga.

"Padahal perannya ibu sangat penting. Ibu juga harus banyak belajar dan prosesnya supaya menjadi orang yang terbuka membutuhkan waktu lama," terangnya.

Anggi mengatakan, hal tersebut merupakan tantangan yang dihadapi para ibu. Tetapi semua ibu pasti dapat menghadapi masalahnya, sekalipun harus merawat anak berkebutuhan khusus.

"Ibu bisa menghadapi tantangan itu, ibu harus banyak belajar agar lebih terbuka. Begitu juga rasa percaya diri harus lebih digali. Karena peran ibu dalam sebuah keluarga sangat penting karena menjadi pondasi," simpulnya. [yy/okezone]