pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


4 Dzulqa'dah 1442  |  Senin 14 Juni 2021

Banyak Minum Air Putih Bikin si Kecil Cerdas

Banyak Minum Air Putih Bikin si Kecil Cerdas


Fiqhislam.com - Minum air putih baik untuk kesehatan. Tidak saja untuk orang dewasa, tetapi untuk semua kalangan, termasuk anak-anak. Bahkan, banyak minum air putih dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Perwakilan Indonesia Hydration Working Group (IHWG)  Dr. Budi Wiweko, Sp.OG, mengatakan air putih sangat penting bagi perkembangan si kecil. Ini karena air putih membentuk jaringan sel otak yang membuat anak menjadi lebih cerdas.

"Iya pastinya (air putih dibutuhkan) soalnya dalam membentuk pola pertumbuhan anak, seperti perkembangan anak itu sendiri. Dalam hal ini air putih itu sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dalam tubuh termasuk sel-sel otak jadi mempengaruhi kognitifnya,"  kata Dr Budi di Jakarta, Senin (24/7/2017).

Bagaimana dengan anak yang jarang minum air putih? Tentu terjadi sebaliknya. Pasalnya, kurang minum air putih akan menurunkan konsentrasi anak saat proses belajar .

"Kalau anak kurang minum, dehidrasi itu pasti, berpengaruh terhadap kognitifnya. Jadi mengalami gangguan dan pastinya itu akan mempengaruhi konsentrasi anak saat belajar," terangnya.

Tidak hanya itu, mengkonsumsi banyak air putih meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak sehingga si kecil pun tidak cepat sakit dan terhindar dari berbagai penyakit.

Untuk itu, disarankan bahwa anak berusia 4 sampai 8 tahun untuk minum air putih sebanyak 1,5 liter per hari agar kesehatan tubuhnya meningkat.

"Kebutuhan air minum dilihat dari usia kalau SD dan Paud itu 1,5 liter satu gelas itu 200 cc enam gelas per hari. Kalau dia aktivitas, lebih tentu boleh satu atau dua gelas dan kalau demam itu harus minum lebih banyak lagi," tukasnya. [yy/sindonews]