4 Rabiul-Awwal 1444  |  Jumat 30 September 2022

basmalah.png

Apakah Alat Makan Si Kecil Sudah Bebas Kuman?

Fiqhislam.com - Berbeda dengan orang dewasa, tubuh si kecil lebih rentan terhadap bakteri dan kuman.

Apakah Alat Makan Si Kecil Sudah Bebas Kuman?Ada banyak bakteri, jamur, dan kuman yang bisa tampak di berbagai tempat, salah satunya alat makan si kecil. Karenya cek selalu benda-benda milik si kecil, termasuk alat makannya!

Dalam memilih alat makan dan minum buat anak, pastikan jika terbuat dari bahan yang aman dan tidak berbahaya. Biasanya, produk berkualitas memiliki keterangan mengenai bahan dan kualitasnya pada kemasan. Alat makan anak juga harus dicuci secara lebih cermat. Tujuannya adalah untuk mencegah ada bakteri dan kuman melekat.

Pilihlah alat makan berbahan plastik dengan simbol nomor 5, yang bertuliskan PP atau polypropylene. Tipe plastik ini punya kualitas baik khususnya untuk makanan dan minuman. Biasanya, plastik jenis ini digunakan untuk membuat wadah makanan dan botol minum bayi, dewasa, juga lansia.

Pilih juga alat makan dan minum yang tercantum bisphenol-A atau BPA free pada kemasannya. Saat selesia digunakan, cuci alat makan hingga benar-benar bersih di bawah air mengalir. Gunakan spons cuci yang berbeda. Jangan menggunakan spons yang sama untuk membersihkan berbagai peralatan. Tujuannya untuk menghindari bersarangnya kuman dan bakteri.

Salah satu cara mencegah bakteri dan kuman berkembang, buanglah alat makan yang rusak ataupun tergores. Saat menyimpan, sebisa mungkin pisahkan peletakannya dengan alat makan milik orang tua dan juga perabotan lain.

detik.com