20 Jumadil-Akhir 1443  |  Minggu 23 Januari 2022

basmalah.png
ORANGTUA

Porsi Penggunaan Gadget Sesuai Usia Anak

Porsi Penggunaan Gadget Sesuai Usia Anak


Fiqhislam.com - Lahir di era milenia, anak-anak tumbuh dengan paparan gadget secara langsung. Tentu hal ini menjadi tantangan bagi orangtua mengingat dampak negatif dan positif yang ditimbulkan oleh gadget itu sendiri.

Psikolog Anak, Rininta Mey Tanoria mengatakan, jika anak sudah terpapar gadget sejak usia nol, maka ada beberapa pertumbuhan yang tidak berkembang dengan baik.

"Anak usia 0-2 tahun tidak boleh sama sekali diperkenalkan gadget. Entah itu tablet, smartphone, atau televisi. Mereka hanya boleh berinteraksi dengan pengasuh atau orangtuanya. Sebab kalau sudah terpapar perkembangan golden age-nya akan terhambat," ujar Rininta saat ditemui Okezone dalam acara mendidik anak generasi Z di era digital oleh CekAja.com dan edukasi finansial oleh DBS Treasures, Sabtu (29/10/2016).

Sementara, ketika anak sudah berusia di atas dua tahun, gadget yang boleh diperkenalkan kepada anak adalah yang berisi konten edukatif, ada interaksi, dan mengajarkan berbahasa. Anak juga harus didampingi orangtua.

"Kemudian, anak usia 3-5 tahun boleh menggunakan gadget, tetapi hanya satu jam saja dalam sehari. Jadi ketika anak sudah sekolah, lalu di sekolah sudah mengerjakan tugas pakai gadget, maka di rumah hanya boleh main dengan waktu sisa waktu yang ada," terangnya lebih lanjut. [yy/okezone]