<
pustaka.png
basmalah.png

》ORANGTUA

Merangsang Anak Berkegiatan Kreatif

Fiqhislam.com - Saat ini anak-anak lebih tertarik pada permainan yang ada di komputer dan acara televisi, daripada bermain di luar rungan.

Padahal menurut sebuah penelitian, terlalu sering menonton televisi bisa menghambat imajinasi, kemampuan kreatif dan kemampuan kognitif anak.

Anda sebagai orangtua harus mampu mendorong anak melakukan kegiatan outdoor yang mengajarkan anak lebih kreatif. Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

1. Buatlah jadwal menonton televisi dan bermain game anak. Di sela-sela waktu itu, ajak mereka berinteraksi dengan anak-anak lain. Anda juga bisa meminta mereka berpartisipasi pada suatu kegiatan.

2. Ajak anak untuk bergabung dengan tim olahraga untuk memberikan latihan fisik dan mendorong rasa antusias terhadap sesuatu.

3. Libatkan anak dalam kegiatan kreatif, seperti mengikuti kelas seni, melukis dan membuat keramik.

4. Saat liburan sekolah, ajak mereka menyalurkan hobi, misalnya mengikuti kelas berenang.

5. Tantang anak Anda dan temannya terlibat dalam berkegiatan yang memicu persaingan positif. Seperti membuat kerajinan boneka terbaik dan melukis terindah. Perlu diterapkan pada anak, bahwa dalam persaingan pasti ada yang menang dan kalah.

6. Untuk merangsang pertumbuhan otak dan kreativitas, berikan anak permainan seperti puzzle atau jigsaw.

metrotvnews.com

top