pustaka.png.orig
basmalah.png


11 Dzulqa'dah 1442  |  Senin 21 Juni 2021

Ibu Baru Memiliki Daya Ingat yang Tajam

Fiqhislam.com - Ceroboh dan pelupa setelah menjadi seorang ibu adalah mitos. Sebuah penelitian mengungkapkan seorang perempuan yang baru menjadi ibu justru mengalami peningkatan daya ingat.

Dalam serangkaian percobaan tes memori visuospatial, kemampuan mengingat dan memahami lingkungan seorang ibu baru meningkat dibandingkan perempuan yang belum memiliki anak.

Penelitian yang dilakukan Melissa Santiago dari Carlos Albizu University di Miami ini melawan temuan tentang perempuan mengalami penurunan memori dan fungsi kognitif setelah memiliki anak.

"Anda tidak perlu khawatir kadar memori menurun setelah mempunyai anak," kata Santiago saat mempresentasikan temuannya di American Psychological Association.

Santiago menganalisis informasi dari perempuan 35 tahun yang baru saja memiliki anak usia 10 sampai 24 bulan dan perempuan lainnya yang belum pernah hamil di usia yang sama. Kedua kelompok perempuan itu sama-sama mencetak gol pada tes kecerdasan.

Kemudian mereka diuji memori visuospatial. Prosesnya yaitu menunjukkan kertas berisi enam simbol dan diberi waktu 10 detik untuk mengingatnya.

Pengujian memori dilakukan sampai tiga kali. Hasilnya perempuan yang baru saja menjadi ibu mampu mengingat lebih baik berbagai simbol yang berbeda.

"Penelitian sebelumnya dalam kehamilan terjadi perubahan fisiologis pada tubuh perempuan termasuk penyusutan otan hingga lima persen. Namun enam bulan setelah melahirkan, otak kembali memetakan sendiri tanggung jawab atas perubahan memori," tambah Santiago.

metrotvnews.com