pustaka.png.orig
basmalah.png


12 Dzulqa'dah 1442  |  Selasa 22 Juni 2021

Lima Cara Mengatasi Anak Pembangkang

Lima Cara Mengatasi Anak PembangkangFiqhislam.com - Memiliki anak yang memiliki perangai baik, penurut, dan hormat pada orang tua memang dambaan setiap orang tua. Oleh karena itulah, orang tua menanamkan nilai-nilai yang baik pada anak sejak dini.

Tapi, ketika anak dalam masa pertumbuhan, mulai mengenal banyak teman, terkadang mereka jadi ikut-ikutan temannya. Temannya buruk menjadi ikut buruk, bahkan lebih parah lagi jika sudah membangkang. Jika sudah seperti ini, orang tua tidak boleh tinggal diam.

tips untuk menghadapi anak pembangkang :

  1. Menghargai Perilaku Positif

    Ketika anak telah melakukan kebaikan, pujilah dia. Anda juga dapat memberikannya hadiah atau setidaknya mengelus kepalanya sambil memuji dan berkata betapa bangganya Anda ketika anak melakukan hal tersebut.
  2. Introspeksi

    Anak membangkang tidak sepenuhnya salah si anak yang salah pergaulan. Bisa jadi malah salah orang tua dalam cara mendidiknya. Coba pikirkan lagi bagaimana cara Anda mendidik anak, apakah terlalu mendikte, menghardik, atau membentak anak.
  3. Sikapi dengan Lembut

    Anak berlaku membangkang mungkin saja karena orang tua sering marah dan berlaku kasar. Ini malah menjadi contoh buruk pada anak. Sehingga anak juga mudah mengumbar kemarahannya dan menjadi pembangkang.
  4. Konsisten Terhadap Aturan yang telah Dibuat

    Aturan yang konsisten perlu diterapkan sehingga anak tidak semaunya sendiri. Misalnya, tidur paling malam adalah pukul 9 malam, hal ini harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar. Beritahu si anak apa akibat jika melanggarnya.
  5. Komunikasi Aktif

    Ketika anak marah, ajaklah berkomunikasi. Tanyakan apa yang terjadi, jangan langsung memarahi anak.
Kuncinya adalah komunikasi dengan anak, karena dengan berkomunikasi anak tidak merasa diabaikan dan orang tua jadi lebih tahu apa yang terjadi pada anak. [yy/viva]
 
Tags: orangtua | anak | nakal