<
pustaka.png
basmalah.png

》ORANGTUA

4 Basic Life Skill yang Penting Diajarkan Kepada Anak

Fiqhislam.com - Menanamkan kebiasaan sikap yang baik tentu saja perlu dimulai sejak dini. Mulai dari mengajarkan anak untuk memiliki kecerdasan emosi, belajar agar bisa berempati, dan masih banyak pekerjaan rumah orangtua lainnya. Tapi apakah selama ini Anda sudah mengajarkan semua basic life skills? Berikut terdapat empat pelajaran hidup yang perlu diajarkan pada anak sejak dini.

1. Dalam hidup, semua orang akan berbeda.

Semua orang tentu saja menjadi pribadi yang unik, satu sama lain tidak pernah sama. Hal inilah yang perlu ditekankan dan perlu diketahui oleh anak-anak. Untuk itulah Anda perlu terus belajar untuk mengajarkan pada anak bahwa tidak semua orang akan seperti dirinya, dan jangan pernah berharap kalau semua orang akan menyukai dirinya juga.

2. Berbagi itu baik, tapi tidak selamanya kamu harus berbagi.

Berbagi itu memang sangat baik. Tapi ada baiknya juga kita mengajarkan anak untuk tidak berbagi suatu hal yang memang berharga untuknya. Contohnya mainan kesukaannya, atau barang milik salah satu anggota keluarganya. Dari hal itu anak akan belajar, bahwa dalam hidup tidak ada salahnya untuk mengatakan tidak dan menolak.

3. Gagal itu tidak salah.

Menjadi kompetitif itu tentu saja boleh. Tapi jangan lupa untuk mengingatkan pada anak-anak kita kalau tidak semua hal akan bisa ia lakukan karena pada dasarnya setiap orang memang tidak akan mampu menguasai segala hal. Dan tidak apa-apa jika mengalami gagal dan hasilnya tidak sesuai ekspektasi. Sekeras apapun kita berusaha, kadang kala kegagalan memang harus diterima. Untuk itulah, Anda perlu mengajarkan kepada anak untuk bisa menikmati prosesnya lebih dulu, bukan hasil.

4. Kadang beberapa hal buruk terjadi tanpa alasan yang baik.

Hal ini bukan mengajakrkan anak menjadi orang pesimis atau menyalahkan orang lain, lingkungan, bahkan alam semesta jika ia merasa gagal atau ketika hal buruk yang menimpa dirinya. Kenyataannya, anak-anak memang perlu tahu kalau hidup ini ‘berwarna’. Ingatkan kepada anak, kalau ada banyak banyak hal lain yang baik yang bisa terjadi dalam hidup dan kita perlu fokus pada hal-hal yang baik saja. [yy/okezone]

 

Tags: orangtua | orang tua | anak
top