21 Jumadil-Akhir 1443  |  Senin 24 Januari 2022

basmalah.png
ORANGTUA

Pembentukan Generasi Terbaik Akhir Zaman

Pembentukan Generasi Terbaik Akhir ZamanFiqhislam.com - Seperti yang ramai diperbincangkan akhir-akhir ini di berbagai media, kemenangan Musa Laode Hanafi diperingkat ketiga dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an di Mesir beberapa waktu lalu tentu menjadi kebanggaan kita semua khususnya sebagai umat muslim.

Kebanggan ini bukanlah hasil dari proses yang mudah. Karena nyatanya tidak banyak kita jumpai anak yang berusia tujuh tahun seperti Musa sudah mampu menghafal 30 juz dengan baik. Tentu ini adalah hasil dari kesuksesan peran orang tua yang berhasil mendidik dan membimbing anaknya sampai seperti itu.

Ini menggambarkan betapa pentingnya kehadiran seorang orang tua dalam mendidik dan memantau tumbuh kembanganaknya, khususnya seorang ibu.Tidak hanya keberadaannya, untuk dapat membentuk anak-anak yang berkualitas akan dibutuhkan ilmu serta keahlian yang cukup.

Karena kehadiran seorang anak menuntut hak dari orang tuanya. Seperti yang pernah dikatakan Umar bin Khattab, ketika berdialog dengan anak yang dikatakan memiliki perilaku tercela dan dilaporkan oleh ayahnya kepada Umar bin Khatab, namun anak itu bertanya mengenai haknya, maka umar berkata ada tiga; Pertama, hendaklah ia dipilihkan ibu yang baik untuknya. Kedua, hendaklah ia diberi nama yang baik. Ketiga, hendaklah ia diajari Al-Qur’an.”

Begitu jelas yang dikatakan Amirul Mukminin itu, hal yang pertama dibutuhkan seorang anak adalah kehadiran seorang ibu yang baik yang sudah tentu akan mampu memberikan nilai budi pekerti yang baik. Ssehingga lahirnya anak yang shaleh tidak semata mata karena nak itu tetapi lahir dari beberapa faktor yang saling keterkaitan.

Pantaslah jika akhirnya terlahir para ulama seperi Anas bin Malik, Imam Syafi’i, dan yang lainnya. Keberhasilan mereka adalah buah dari keteladanan terhadap para ibu mereka. Para ibu yang luarbiasa, yang berbudi pekerti luhur hingga berusaha dengan gigih untuk mendidik anak-anaknya.

Tentu ini menjadi pelajaran berharga bagi kita sebagai orang tua atau calon orang tua, khususnya bagi para perempuan.Tidak mudah bagi kita untuk dapat mencetak generasi terbaik yang dapat membesarkan nama kaum muslimin di akhir zaman ini. Untuk itu, teruslah menyibukkan diri untuk mengasah diri sebagai para calon orang tua pencetak generasi terbaik akhir zaman. Dengan mentaati aturan Allah. Sehingga generasi terbaik bisa kita meraihnya. [yy/islampos]