10 Jumadil-Awwal 1444  |  Minggu 04 Desember 2022

basmalah.png

Agar Anak Remaja Bicara Terbuka pada Orangtua

Agar Anak Remaja Bicara Terbuka pada OrangtuaFiqhislam.com - Memiliki anak beranjak remaja memang menjadi tantangan bagi setiap orangtua. Komunikasi anak remaja dan orang tua tentunya tak sekedar percakapan singkat atau pesan teks. Justru komunikasi lebih erat akan memperkuat tumbuh kembang si anak remaja.

Ada empat cara mudah agar anak remaja mau mendengarkan Anda sebagai orang tua. Bahkan, anak remaja itu bisa saja membagi semua cerita tentang dirinya. Berikut empat cara itu:

1. Berkegiatan bersama
Bekerja berdampingan dengan anak remaja Anda adalah kegiatan yang tepat agar percakapan mengalir dengan mudah. Misalnya saat mempersiapkan makan bersama atau mencuci mobil, fokuskan perhatian pada aktivitas. Percakapan pun terasa lebih tidak canggung. Sang anak jadi lebih terbuka membicarakan masalah atau keinginannya.

2. Momen belajar
Mungkin saja adegan dari sebuah acara televisi atau lirik dalam lagu memicu percakapan dalam pikiran Anda. Tanyakan pertanyaan terbuka yang tidak bisa hanya dijawab dengan ya atau tidak. Perhatikan bahasa tubuhnya. Ketahui pula kapan harus mengakhiri percakapan.

3. Perhatikan dan dengarkan
Remaja cenderung jarang mendekati orang tuanya untuk berbicara. Nah, jika anak remaja Anda mendekati, mulailah berbicara tentang sesuatu dan hentikan kegiatan yang sedang Anda lakukan. Bahkan jika Anda berada di tengah-tengah mempersiapkan makan atau melakukan pekerjaan. Peluang itu akan membangun hubungan yang lebih dewasa dengan anak remaja.

4. Mintalah saran
Salah satu cara terbaik berbicara dengan anak remaja Anda adalah bertanya pendapatnya atau sekedar saran. Cara itu berguna meningkatkan kepercayaan diri mereka dan mendorongnyan menyuarakan pendapat. [yy/metrotvnews/foto metrotvnews.com]