13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

Batasi Minum Es Teh, Bisa Picu Batu Ginjal

Batasi Minum Es Teh, Bisa Picu Batu GinjalFiqhislam.com - Tidak sedikit orang menyukai minuman yang satu ini. Rasa es teh yang manis menyegarkan, serta  harganya yang murah, membuatnya menjadi minuman favorit disegala suasana.

Hampir semua tempat makan, mulai dari kelas warung biasa hingga restoran mahal, menyediakan es teh sebagai menu pilihan minuman. Hal itu membuktikan bahwa minuman tersebut sangat popular di semua kalangan.

Tetapi tahukah Anda, di balik rasanya yang nikmat dan menyegarkan , es teh menyimpan potensi yang dapat merugikan kesehatan. Penelitian Loyola University Chicago Stritch School of Medicine mengungkap bahwa konsumsi es teh berlebih meningkatkan risiko menderita batu ginjal.

Es teh mengandung konsentrasi tinggi oksalat, yang merupakan salah satu bahan kimia yang dapat memicu pembentukan batu ginjal. Teh panas juga sebenarnya menyimpan efek buruk yang sama, hanya takaran penyajiannya teh panas biasanya berukuran lebih kecil. Logikanya adalah, orang yang kehausan tak akan meminum teh panas sebanyak meminum es teh yang rasanya sangat menyegarkan. Apalagi saat udara atau cuaca panas.

Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam yang biasanya ditemukan dalam air seni, ginjal atau saluran kemih. Mineral tak terpakai itu umumnya bisa keluar dari tubuh bersama urin, tapi dalam kondisi tertentu bisa mengendap dan membatu di dalam saluran kemih. Sebaiknya, konsumsi es teh secara moderat demi kesehatan ginjal. Padukan pula dengan makanan tinggi kalsium yang dapat mereduksi oksalat. Dan, tentu saja perbanyak minum air putih. [yy/tribunnews]