27 Dzulqa'dah 1443  |  Senin 27 Juni 2022

basmalah.png

Pulang dari Rumah Sakit, Gadis Ini Positif HIV

Pulang dari Rumah Sakit, Gadis Ini Positif HIVFiqhislam.com - Seorang gadis berusia 12 tahun positif terinfeksi HIV setelah mendapat transfusi darah di satu rumah sakit di Arab Saudi. Gadis tersebut mendapat transfusi darah yang sudah terinfeksi HIV.

Reham Hakami beberapa waktu lalu mengeluh sakit punggung. Oleh orang tuanya, Hakami kemudian dibawa ke rumah sakit Umum Jazan, Arab Saudi. Oleh pihak rumah sakit Hakami mendapat transfusi darah, dikutip dari al-arabiya, Selasa (19/2).

Setelah beberapa hari dirawat, Hakami diperbolehkan pulang. Namun baru beberapa jam tiba dirumah, sebuah Ambulans tiba untuk membawa kembali Hakami ke rumah sakit.

Alangkah terkejutnya Hakami dan keluarga, setelah dilakukan tes darah ia positif HIV karena tranfusi darah yang dilakukan pihak rumah sakit.

Kabar ini sontak jadi kabar yang mengejutkan di negara kerajaan itu.

Atas kejadian ini tujuh orang pegawai rumah sakit dipecat, termasuk kepala rumah sakit bersama para pejabat dan dokter yang terlibat, juga orang-orang yang ikut membantu melakukan transfusi darah.

Keluarga Hakami yang telah melakukan kontak dengan media lokal dan jaringan sosial aktivis menerima kabar bahwa Hakami akan dipindah ke Rumah Sakit King Faisal di Riyadh untuk mendapat pengobatan.

Menteri Kesehatan Arab Saudi, Abdullah al-Rabeah telah mengunjungi gadis itu pada Sabtu dan menjanjikan penyelidikan menyeluruh. Menteri juga memberikan Hakami iPad sebagai hadiah. [yy/republika]