13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

Minyak Zaitun Ampuh Turunkan Berat Badan

Fiqhislam.com - Para ilmuwan menemukan fakta bahwa minyak zaitun bisa membantu seseorang menurunkan berat badan. Bahkan hanya dengan mambauinya saja, ini bisa membuat orang tersebut merasa kenyang dan menunda lapar.

Tim dari Universitas Tehnik Munich dan Universitas Vienna melakukan serangkaian percobaan dengan melibatkan sejumlah relawan. Mereka diminta mengkonsumsi 500 gram yoghurt tiap hari selama tiga bulan. Dalam yoghurt ada yang ditambahkan minyak zaitun, rapeseed oil, dan lemak babi atau mentega.

Hasilnya mereka yang makan yoghurt yang dicampurkan minyak zaitun makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan dan tidak mengalami penambahan berat badan.

Tes darah menunjukkan mereka memiliki tingkat serotonin lebih tinggi. Hormon ini disebut hormon kenyang yang membuat kita merasa kenyang, yang tidak dimiliki dalam lemak atau jenis minyak lainnya.

Ekstrak aroma minyak zaitun dapat membuat kita merasa lebih kenyang dan bahkan memotong asupan kalori hampir 200 kalori tiap hari.

Penulis studi Profesor Peter Schieberle mengatakan, mereka yang makan yoghurt dengan minyak zaitun, memiliki tingkat lebih tinggi dalam darah mereka akan hormon serotonin - yang mengontrol perasaan kenyang.

"Selama masa penelitian, tidak ada anggota dari kelompok ini mencatat kenaikan persentase lemak tubuh atau berat badan mereka," katanya seperti dikutip dari dailymail.co.uk. [yy/inilah.com]