4 Rabiul-Awwal 1444  |  Jumat 30 September 2022

basmalah.png

Tiga Gejala Parkinson Wajib Anda Tahu

Tiga Gejala Parkinson Wajib Anda TahuFiqhislam.com - Penyakit Parkinson memang banyak menyerang mereka yang berusia diatas 50 tahun. Semakin bertambahnya usia, maka risiko untuk terserang penyakit ini pun makin meningkat. Beberapa gejala dari Parkinson, bisa menjadi tanda bagi Anda untuk segera melakukan pemeriksaan.
 
Gejala berupa tremor (gemetar), persendian kaku (rigiditas), dan lambatnya gerakan menjadi tiga gejala utama dari Parkinson. Kecepatan perburukan gejala ini dapat bervariasi pada setiap orang.
 
“Memerhatikan gejala yang timbul dari Parkinson akan membantu Anda untuk segera melakukan pengobatan dini. Jika muncul gejala yang tidak biasa, seperti tiga gejala utama parkinson,  ada baiknya Anda segera melakukan pemeriksaan,” jelas Ketua Yayasan Peduli Parkinson Indonesia (YPPI), dr. Banon Sukoandri, Sp.S dalam sebuah acara Peringatan Hari Parkinson Sedunia, di Energy Building, Jakarta, Kamis (11/4/2013).
 
Tiga gejala umum dari Parkinson sendiri diantaranya:
 
Gemetar (tremor)
Gejala ini umum terjadi namun tidak selalu ditemukan. Gemetar bisa terjadi pada bagian jari, jempol, tangan dan lengan. Tremor ini akan semakin tampak jelas ketika Anda beristirahat, dan bisa semakin memburuk jika Anda merasa emosional atau cemas.
 
Kekakuan otot (rigiditas)
Pada gejala ini, otot Anda mungkin terasa lebih tegang, dan cenderung tidak bisa melakukan gerakan harmonis seperti menganyunkan lengan. “Karena adanya rasa kaku pada bagian sendi, ini mengakibatkan penderita Parkinson tidak dapat melakukan gerakan yang berirama,” tutur dr. Banon.
 
Lambatnya gerakan (bradikinesia)
Gerakan lambat ini bisa berjadi saat Anda hendak bejalan, atau bangun dari kursi Anda, memasangkan kancing, atau gerakan sehari-hari lain yang sulit dilakukan.

“Pada setiap orang, gejala dan tingkat keparahan dapat berbeda. Sehingga penanganan dan pengobatan juga berbeda,” ujar dr. Banon. [yy/okezone.com/foto wordpress.com]