4 Rabiul-Awwal 1444  |  Jumat 30 September 2022

basmalah.png

Macam Penyebab dan Pengobatan Bau Mulut dari Ahlinya

Macam Penyebab dan Pengobatan Bau Mulut dari AhlinyaFiqhislam.com - Bau mulut merupakan suatu hal yang tidak menyenangkan. Kadang, meski sudah menyikat gigi atau makan permen, bau mulut masih tetap menghantui.

Ada beberapa penyebab dan pengobatan dari para ahli yang berbeda. Berikut penuturannya seperti dikutip dari Natural Health, Selasa (16/4/2013).


 

{AF}Dokter gigi

Penyebab
Penyakit gusi, gigi berlubang, dan kesehatan gigi yang buruk bisa berkontribusi pada bau mulut. Bakteri yang secara alami ada di dalam mulut menjadi 90-95 persen dari semua kasus.
Ketika bakteri itu memetabolisme protein dalam air liur akan menimbulkan gas belerang berbau busuk yang menciptakan bau mulut.


Pengobatan
Kurangi jumlah kuman di mulut dengan obat kumur antiseptik yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan cengkeh, kemangi, rosemary, thyme (keluarga daun mint). Cara mengolahnya, campurkan seperempat sendok teh tumbuhan tadi dengan dua gelas air panas. Kemudian rendam selama 20 menit, lalu saring dan kumur dua kali sehari.

Bisa juga dengan menambahkan beberapa tetes antiseptik dari minyak pohon teh ke pasta gigi di sikat gigi. Lalu, gosok gigi dan lidah. Jika mulut masih bau, hilangkan gas belerang di mulut dengan obat kumur dari zat seng dan natrium klorit - Susanne Cohen, D.D.S., CEO di Triumph Pharmaceuticals di St. Louis.
{/AF}

{AF}Ahli Diet

Penyebab
Makanan olahan tidak sehat bisa memengaruhi proses detoksifikasi alami pada hati, yang memroduksi empedu untuk bantu tubuh mengeluarkan kotoran.
Jika hati bekerja terlalu keras karena pola makan buruk, racun tidak bisa dimusnahkan. Dan akan melepaskan bau ke aliran darah. Lalu berjalan menuju paru-paru yang kemudian bau itu dihembuskan.


Pengobatan
Untuk pemula, batasi jumlah makanan olahan dalam diet. Untuk membantu detoksifikasi hati, sediakan sayuran hijau, tanaman gandum, peterseli, dan daun ketumbar yang mengandung klorofil. Campurkan pada masakan atau kunyah segenggam setelah makan.
Setelah itu, minum segelas air jeruk nipis. Air bantu menyiram racun keluar dari hati dan lemon merangsang produksi empedu yang bantu tubuh cerna makanan. Untuk mengurangi kuman di mulut bisa dengan konsumsi makanan kaya seng antibakteri atau vitamin C, seperti jeruk - Mary Purdy, R.D., ahli gizi klinis di Seattle Healing Arts Center.
{/AF}

{AF}Dokter Naturopathic (Sistem Pengobatan Alternatif)

Penyebab
Sama seperti makanan membusuk di lemari es yang mengeluarkan bau. Makanan yang tidak tercerna di saluran pencernaan akan melepaskan gas busuk yang dikeluarkan dari mulut.

Pengobatan
Enzim pencernaan bantu memroses makanan pada tubuh lebih efisien sehingga tidak berlama-lama di saluran pencernaan. Atau coba probiotik untuk meningkatkan bakteri baik yang bantu usus mencerna lebih baik.
Pilih produk dengan 20 miliar unit pembentuk kelompok dari campuran lactobacillus dan bakteri bifido. Bisa juga mengunyah beberapa adas (tumbuhan bergetah) dan biji adas sebelum atau setelah makan. Keduanya merupakan herbal yang mengurangi gas dalam perut, itu berarti membantu pencernaan.
Bisa juga ambil satu sendok teh cuka sari apel sekitar 15 menit sebelum makan. Cuka mirip asam klorida dalam perut yang bantu cerna protein dalam tubuh - Aime Shunney, N.D., Santa Cruz, dokter naturopathic berbasis di California.
{/AF}

[yy/liputan6.com]