10 Muharram 1444  |  Senin 08 Agustus 2022

basmalah.png

Sertakan Alpukat dan Cokelat Dalam Sarapan Agar Daya Ingat Lebih Kuat

Sertakan Alpukat dan Cokelat Dalam Sarapan Agar Daya Ingat Lebih KuatFiqhislam.com - Bosan sarapan roti, telur dan susu? Sekali-kali bisa diganti dengan cokelat panas dan alpukat segar. Rasanya yang lembut dan manis tak hanya bikin perut kenyang, tetapi juga membantu daya konsentrasi selama bekerja.

Cokelat panas atau hot chocolate hangat enak dihirup di pagi hari. Bisa jadi alternatif pengganti susu atau kopi. Minuman yang kaya antioksidan ini dapat melancarkan peredaran darah ke otak. Proses ini bertujuan untuk menjaga otak agar bekerja optimal.

Sebaiknya jenis cokelat yang dipilih adalah jenis dark chocolate karena dalam 28 gram dark chocolate mengandung 20 mg kafein yang dapat membantu daya konsentrasi.

Sebagai pelengkap sajian sarapan, sertakan alpukat segar. Baik berupa potongan segar atau disantap sebagai salad. Meskipun dikenal sebagai buah berlemak, tapi jenis lemak tak jenuh yang baik. Kandungan lemak baik ini tak hanya dapat menjaga kesehatan jantung tapi juga dapat meningkatkan daya ingat.

Tiap 100 g alpukat mengandung mengandung 167 kalori, 15 g lemak, lemak tak jenuh, 8.6 g karbohidrat ,7 gram serat, dan 2 g protein. Buah yang rasanya lembut ini juga mengandung sejumlah mineral dan vitamin. Seperti potassium, magnesium, kalsium. vitamin B, A dan E.

Buah bewarna hijau ini juga mengandung lemak oleic yang dapat dicerna langsung oleh hormon OEA. Hormon ini dapat meningkatkan kinerja otak agar daya ingat lebih kuat hingga lanjut usia. Otakpun akan bekerja optimal. Menu sarapan menjadi lebih kaya nutrisi jika dua sajian ini dinikmati bersama. [yy/health.
detik.com/foto detik.com]