27 Dzulqa'dah 1443  |  Senin 27 Juni 2022

basmalah.png

Seduh Teh Campur Jahe Ampuh Cegah Masuk Angin

Seduh Teh Campur Jahe Ampuh Cegah Masuk AnginFiqhislam.com - Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menghilangkan demam yang diakibatkan masuk angin. Salah satunya, mengonsumsi teh dicampur jahe. 

Hal ini berdasarkan pernyataan Emilia E. Achmadi, MS, ahli gizi klinis sekaligus nutrisionis. Dia menjelaskan bahwa seseorang yang sedang demam dikarenakan masuk angin dapat hilang dengan mengonsumsi kombinasi teh dan jahe. Seperti diketahui bahwa jahe mempunyai manfaat menghangatkan tubuh, sedangkan antioksidan pada teh dapat menjadi antiseptik dari para bakteri yang menumpuk dalam perut. Maka tak ayal kombinasi jika dua komponen ini dapat membantu mengeluarkan angin dalam tubuh seseorang.
 
"Gejala awal seseorang bakal masuk angin umumnya perut kembung, yang biasanya membuat badan demam dan tak jarang sampai muntah-muntah. Namun tidak usah cemas bila Anda mengalami kondisi ini, tidak perlu mengerok badan ataupun sering-sering meminum obat agar angin hilang.

Pasalnya, meminum segelas teh hangat campur jahe sudah membantu mengeluarkan angin yang menumpuk dalam lambung Anda," katanya saat diwawancarai Okezone dalam acara bertema Menjaga Keseimbangan Gaya Hidup dengan Khasiat Teh Oolong di Cafe Aria, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2013).
 
Dia menambahkan, kondisi ini bisa terjadi karena perpaduan manfaat teh saling membantu mengeluarkan angin dalam tubuh. Misalnya, kandungan teh yang dapat menenangkan lambung dan melindungi dari masuknya angin tambahan, lalu jahe dengan manfaatnya menghangatkan tubuh  sekaligus dapat memusnahkan bakteri pemicu masuk angin. Menurutnya, inilah kombinasi manfaat yang akan membuat angin dalam lambung harus keluar.
 
"Efek signifikan dari mengonsumsi teh dan jahe saat Anda sering mengeluarkan kentut. Pada tahap inilah sebenarnya semua angin dalam tubuh sedang dikeluarkan. Di samping itu, jangan takut untuk dehidrasi, misalkan muntah, alasannya teh sudah mengandung air, hingga cairan tubuh akan selalu stabil dan Anda lebih cepat sembuh. Jadi sebenarnya, tidak perlu ada lagi mengerok badan ataupun saat sakit sedikit langsung minum obat," terangnya.
 
Sementara itu, agar teh campur jahe lebih terasa nikmat dan khasiat, Mba Emil -begitu biasa dia disapa-menganjurkan Anda mengonsumsinya saat teh dalam kondisi hangat. Bila kondisi teh sudah dingin, kumpulan antioksidannya sudah mulai pecah. Sehingga khasiatnya berkurang dan proses penyembuhan masuk angin tidak bisa pulih dengan cepat. [yy/
okezone.com]