<
pustaka.png
basmalah.png

„ÄčKESEHATAN

Satu Lagi Temuan Manfaat Minum Kopi

Fiqhislam.com - Untuk Anda pencinta kopi, ambillah manfaat dari secangkir kopi yang Anda nikmati. Secangkir kopi yang benar-benar baik dapat membantu seseorang memberikan semangat sebelum memulai harinya.

Sebuah studi baru dari para peneliti di Mayo Clinic juga mengungkapkan bahwa meminum kopi memiliki keuntungan tambahan yang sangat bermanfaat, yaitu mengurangi risiko primary sclerosing cholangitis (PSC). PSC adalah penyakit hati autoimun yang sangat jarang.

Penulis studi, Craig Lammert, mengatakan bahwa PSC tidak baik bagi tubuh dan dapat menyebabkan sirosis hati, gagal hati, dan kanker empedu. Menurut Dr Lammert, penemuan ini menunjukkan bahwa kopi tidak hanya bisa menurunkan risiko PSC, tetapi juga dapat membantu para peneliti mengetahui penyebab penyakit tersebut.

Peneliti meneliti sekelompok orang yang menderita PSC dan sekelompok orang dengan keadaan sehat. Temuan mereka menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko PSC. Menurut penulis senior studi Konstantinos Lazaridis, sebuah Klinik Mayo hepatologi, temuan mereka mungkin memberikan peneliti informasi lebih lanjut tentang penyebab penyakit ini dan efek selanjutnya dalam pengaturan klinis.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Peneliti dari European Science Foundation, melaporkan pada bulan Desember, bahwa meminum kopi dapat mengurangi risiko diabetes hingga 25 persen. Laporan tersebut mengungkapkan bahwa meminum 3-4 cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 25 persen, dibandingkan dengan orang yang meminum kurang dari dua gelas per hari.

Ada juga sebuah studi di Universitas Lund di Swedia yang menemukan bahwa mengkonsumsi kopi dapat menurunkan risiko kanker payudara pada pasien yang memakai obat Tamoxifen. Pasien yang mengkonsumsi obat ditambah dua atau lebih cangkir kopi setiap hari dilaporkan memiliki tingkatan yang lebih rendah terjangkit risiko kanker payudara, dibandingkan dengan pasien yang menggunakan obat dan mengkonsumsi satu cangkir kopi atau kurang per harinya. [yy/tempo.co]

top