10 Jumadil-Awwal 1444  |  Minggu 04 Desember 2022

basmalah.png

Terapi air, Tips Hilangkan Lelah Pada Mata

Terapi air, Tips Hilangkan Lelah Pada MataFiqhislam.com - Coba luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan latihan berikut ini yang dapat mengatasi rasa lelah di mata.

1. Tutup mata dengan telapak tangan

Gosok-gosok kedua telapak tangan Anda selama kira-kira 15-20 detik atau sampai tangan terasa hangat. Kemudian letakkan telapak tangan di atas mata tertutup hingga Anda tidak bisa melihat cahaya sedikit pun. Lakukan latihan yang dapat meredakan ketegangan di mata ini selama satu hingga dua menit, lalu ulangi sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Konsentrasi pada satu obyek

Pegang sebuah pensil dan rentangkan lengan Anda ke depan. Konsentrasikan mata pada ujung pensil, lalu secara perlahan bawa pensil sampai ke depan hidung Anda. Kemudian rentangkan tangan kembali perlahan-lahan dan lakukan latihan ini tanpa mengedipkan mata.

3. Terapi air

Letakkan dua bawah mangkuk, satu berisi air panas dan satu lagi berisi air dingin. Pastikan air panas tidak terlalu mendidih hingga bisa membakar kulit Anda dan air dingin harus terasa sedingin es. Celupkan kapas atau kain ke dalam air panas dan kompres mata selama 30 detik. Setelahnya, kapas atau kain dimasukkan ke dalam air dingin dan lakukan cara yang sama. Setelah dilakukan kira-kira sebanyak lima kali, akhiri dengan memijat lembut bagian mata dengan menggunakan handuk.

4. Gerakkan atas ke bawah

Usahakan wajah tegak lurus dan tidak menunduk saat melakukan latihan ini. Gerakkan bola mata ke atas, kemudian perlahan-lahan gerakkan ke bawah. Lakukan latihan ini sebanyak 8-10 kali sehari yang bisa mengurangi rasa lelah akibat terlalu lama membaca atau melihat satu obyek secara terus-menerus.

5. Kedipkan mata

Kedipan mata merupakan jenis latihan yang sangat sederhana. Kedipkan mata Anda setiap 2-3 detik selama dua menit selama terus menerus untuk menyegarkan mata. Latihan seperti ini sangat dianjurkan bagi Anda yang bekerja di depan layar komputer dalam waktu yang cukup lama.

yy/rimanews.com