<
pustaka.png
basmalah.png

„ÄčKESEHATAN

Kurangi Risiko Diabetes Dengan Minyak Ikan

Fiqhislam.com - Sejumlah peneliti di Harvard University menemukan fakta bahwa suplemen minyak ikan dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Suplemen minyak ikan, yang kaya dengan kandungan asam lemak omega 3 diketahui dapat meningkatkan kadar hormon adiponektin, yang berkaitan dengan sensitivitas insulin.

Selain itu, tingginya kadar adiponektin dalam tubuh, dipercaya bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung koroner.

"Studi ini berhasil menemukan minyak ikan memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan kadar adiponektin yang berkaitan dengan diabetes dan jantung koroner," jelas Jason Wu dari Harvard School of Public Health dalam publikasinya di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

Untuk studi mereka, para peneliti melakukan analisis terhadap 14 uji klinis yang melibatkan 682 subyek yang diberikan pengobatan dengan minyak ikan, sementara sekitar 641 responden lainnya diberikan plasebo seperti minyak zaitun atau bunga matahari.

responden yang mengonsumsi minyak ikan, diketahui bahwa tingkat adiponektin dalam tubuhnya meningkat sebesar 0,37 mikrogram per mililiter darah.

"Hasil dari penelitian kami menunjukkan bahwa asupan tinggi minyak ikan mungkin cukup meningkatkan kadar adiponektin, dan hasil ini mendukung potensi manfaat konsumsi minyak ikan untuk mengontrol glukosa dan metabolisme sel lemak," tambahnya. [yy/rimanews.com]

top