16 Rajab 1444  |  Selasa 07 Februari 2023

basmalah.png

Hati-hati Mengemudi Saat Minum Obat Alergi

Hati-hati Mengemudi Saat Minum Obat AlergiFiqhislam.com - Menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika (FDA), obat-obatan yang mengandung antihistamin, seperti obat alergi, kadang-kadang dapat menyebabkan kantuk dan memiliki reaksi yang lebih lambat. Konsumen harus membaca label peringatan pada obat untuk melihat apakah obat ini memiliki efek samping.

“Jika obat alergi menyebabkan rasa kantuk, Anda perlu berhati-hati saat mengemudi dan mengoperasikan mesin,” tulis FDA dalam Live Science. "Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan alkohol dan obat penenang (obat tidur)."

Di samping itu, jangan sekali-kali mengkonsumsinya lebih dari dosis yang dianjurkan. “Jika dosis yang dianjurkan tidak menyembuhkan Anda, jangan terus menambah dosisnya,” kata apoteker FDA, Ayana Rowley. Sebaiknya, kata Rowney, berkonsultasi dengan dokter adalah yang paling aman.

Penderita alergi harus menyadari bahwa beberapa obat memakan waktu lebih lama untuk bekerja daripada obat lain. Selain itu, rasa kantuk yang dirasa akan berlangsung lama hingga hari berikutnya. [yy/
tempo.co]