13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

7 Langkah Tingkatkan Metabolisme Tubuh

7 Langkah Tingkatkan Metabolisme Tubuh  Fiqhislam.com - Tidak sedikit orang yang memiliki daya metabolisme lambat. Metabolisme tubuh yang lambat bisa menyebabkan berat badan cenderung lebih mudah meningkat dan sulit untuk turun.

Mereka mungkin tidak menyadari bahwa gaya hidup mereka berpengaruh terhadap metabolisme tubuh. Berikut ini tujuh cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

1. Latihan intens pada pagi hari
Sedikit latihan fisik pada pagi hari saat bangun tidur bisa memberi efek baik pada metabolisme. Anda hanya perlu meluangkan waktu 5 menit untuk melakukan olahraga simpel. Misalnya, lari-lari kecil di dalam rumah atau di halaman, melompat, dan menekuk lutut. Biarkan detak jantung Anda meningkat selama 5 menit dan relaksasi selama 2 menit.

2. Makanan pedas
Makanan pedas, seperti kari, lada hitam, cabai rawit, dan kunyit, bisa membantu mempercepat metabolisme. Makanan lainnya yang mungkin menurut Anda tidak pedas tapi juga bisa meningkatkan metabolisme misalnya jahe, kayu manis, kapulaga, dan pala. Tambahkan rasa pedas dari bahan makanan itu pada masakan Anda.

3. Banyak minum air putih
Air putih banyak berperan dalam metabolisme tubuh. Minumlah banyak air putih, maka metabolisme tubuh akan meningkat. Sebab, proses metabolisme membutuhkan air sebagai bahan bakar.

4. Jaga kesehatan tiroid
Untuk bekerja efisien, tiroid membutuhkan selenium, zinc, dan yodium. Untuk lebih banyak mendapatkan mineral ini, makanlah seafood dan kacang-kacangan.

5. Jangan lewatkan sarapan
Saat terburu-buru melakukan aktivitas pada pagi hari, Anda sering kali tidak sempat sarapan. Ini merupakan hal buruk bagi metabolisme tubuh. Sempatkanlah sarapan dengan menu yang sehat. Misalnya, makanan yang mengandung protein seperti telur. Atau makan buah yang mengandung antioksidan seperti jeruk, stroberi, dan kurma.

6. Hindari makan terlalu banyak
Kebanyakan orang makan lebih banyak pada siang dan malam hari ketimbang saat sarapan pagi. Terkadang kita juga mengemil sebelum tidur. Hal ini tentunya menghambat kecepatan metabolisme tubuh. Cobalah untuk makan lebih awal pada siang hari dan sedikit makan malam. Lalu, usahakan jangan makan setidaknya tiga jam sebelum tidur.

7. Tingkatkan masa otot
Latihan angkat beban tidak hanya untuk para binaragawan. Membentuk masa otot merupakan bagian dari semua program fitness. Meski Anda tidak bisa bergabung dalam klub senam atau membeli peralatan olahraga, Anda tetap bisa meningkatkan masa otot. Anda bisa memanfaatkan dua kaleng bekas makanan atau botol yang diisi air sebagai alat olahraga untuk menambah masa otot.

[yy/tempo.co]