10 Muharram 1444  |  Senin 08 Agustus 2022

basmalah.png

Tren Tinggi Varian Baru Narkoba Sintetis

Tren Tinggi Varian Baru Narkoba Sintetis

Fiqhislam.com - Perkembangan obat-obatan zat psikoaktif varian baru atau obat sintetis yang lebih mematikan dibanding narkoba tradisional mengalami tren peningkatan tertinggi.

Ada 158 jenis obat sintetis yang kini beredar di AS, Eropa serta Asia termasuk Indonesia. Hampir 5% persen orang Eropa di bawah 24 tahun pernah mencoba obat-obatan semacam itu.

Dalam laporan resmi PBB, tren itu tumbuh cepat sekali karena hingga pertengahan 2012, ada 251 laporan dari seluruh dunia. Angka itu naik dari 2009 yang hanya ada 166 laporan. Ketika otoritas berwenang melarang, pabrik-pabrik dengan cepat memproduksi varian baru obat bius.

Di pasaran, obat sintetis sering ditemukan dengan merek spice, meow-meow dan bath salts, memiliki efek membuat seseorang merasa gembira. Sekilas, obat ini mirip obat biasa. Varian baru itu telah membunuh 200 ribu orang setiap tahunnya.

Laporan itu juga menjelaskan bahwa pengguna “ecstasy” salah satu obat bius, menurun secara global, tapi meningkat di Eropa. Pengguna heroin dan opium relatif tetap, namun di Eropa, trennya turun karena penggunanya semakin tua dan pengawasan yang ketat.

Sedangkan pengguna kokain mulai bertambah khususnya di China dan Hong Kong, namun berkurang di AS karena berkurangnya produksi kokain di Kolombia. [yy/inilah.com]