13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

10 Makanan Kaya Vitamin D Agar Tulang Kuat

10 Makanan Kaya Vitamin D Agar Tulang KuatFiqhislam.com - Anda pasti jarang mendengar orang lain berbicara tentang makanan yang kaya Vitamin D. Ya, memang sangat sedikit sumber makanan mengandung vitamin D yang tersedia bagi kita.

Vitamin D idealnya diproduksi dalam tubuh ketika seseorang pergi keluar rumah lalu terkena paparan sinar matahari. Namun karena gaya hidup modern, lantaran sibuk seseorang jadi mustahil mendapatkan sinar matahari yang cukup. itu sebabnya seseorang tidak memiliki pilihan lain, kecuali berkonsentrasi memilih makanan kaya kandungan vitamin D.

Kesehatan tulang Anda selalu tergantung pada konsumsi vitamin D. Kalsium dibutuhkan oleh tulang agar tetap kuat. Namun tanpa kehadiran vitamin D, kesehatan tulang Anda jadi rawan. Karena kalsium tidak bisa diserap ke tulang Anda tanpa vitamin D.

Itulah sebabnya, memiliki makanan kaya vitamin D menjadi mutlak. Banyak pria dan wanita muda yang menderita kesehatan tulang karena mereka tidak cukup makan makanan yang kaya vitamin D.

Berikut ini 10 jenis makanan kaya vitamin D yang perlu Anda konsumsi:

Jamur

Jamur adalah sumber makanan terbaik, khususnya bagi kalangan vegetarian yang membutuhkan vitamin D. Jamur memiliki nutrisi konsentrasi tinggi, juga kaya kandungan seng dan protein.

Cod Liver Oil

Cod liver oil termasuk kategori makanan tambahan, alias bukan makanan utama. Cod liver oil adalah minyak yang diekstraksi dari ikan bernama cod. Ini tersedia dalam bentuk kapsul, dan sangat baik bagi Anda yang ingin dosis vitamin D bertambah.

Ikan Tuna

Ikan yang berasal dari perairan laut dingin ini memiliki kandungan vitamin D, selain juga mengandung nutrisi sangat tinggi. Cobalah mengonsumsi tuna segar, bukan yang kalengan, karena mengandung jumlah sodium yang tinggi.

Telur

Telur kaya akan vitamin D sampai batas tertentu. Tetapi mengonsumsi telur tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda akan Vitamin D. Jadi, sebaiknya mengonsumsi telur bersama makanan lain yang kaya vitamin D.

Kaviar

Kaviar adalah jenis makanan paling mahal di dunia. Makanan ini diolah dari telur ikan sehingga menjadi makanan sangat lezat.

Selain bermanfaat bagi kesehatan jantung, kaviar juga kaya akan vitamin D. Jadi, jika Anda mampu membeli kaviar, konsumsilah satu sendok tiap hari.

Sereal Khusus

Sarapan pagi dengan sereal biasa, Anda tidak akan mendapatkan vitamin D dalam jumlah yang cukup. Oleh karena itu, pilihlah sereal khusus yang telah diperkaya dengan Vitamin D. Sereal ini biasanya memiliki banyak serat dan kadar kolesterol.

Produk olahan kedelai

Produk olahan kedelai biasanya merupakan sumber makanan yang kaya vitamin D. Jika Anda sangat kekurangan vitamin D, ide baik untuk menggantikan susu yang biasa Anda konsumsi dengan susu harian dengan susu kedelai.

Susu biasa hanya memberi Anda kalsium, sementara susu kedelai memberikan Anda kalsium dan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Ikan Salmon

Salmon adalah ikan dari perairan dingin yang sangat tinggi vitamin D. Ikan ini harus panggang dan tidak digoreng untuk mempertahankan nilai gizi maksimum.

Tiram

Tiram merupakan makanan laut lezat yang kaya akan berbagai nutrisi penting. Selain mengandung vitamin D, tiram juga mengandung vitamin B12, selenium, tembaga, besi, dll

Salami dan Sosis

Salami dan sosis adalah dua varietas daging olahan paling populer. Meski bukan kategori makanan segar, salami dan sosis adalah makanan kaya vitamin D.

yy/inilah.com