10 Muharram 1444  |  Senin 08 Agustus 2022

basmalah.png

Jus Semangka Sembuhkan Nyeri Otot

Jus Semangka Sembuhkan Nyeri OtotFiqhislam.com - Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa nyeri otot dan pegal-pegal otot dapat disembuhkan dengan meminum jus semangka.

Asam amino L-citrulline yang terkandung di dalam semangka diyakini mampu mengobati rasa sakit pada otot.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa jus semangka juga bisa mengurangi tumpukan kolesterol dan mencegah serangan penyakit jantung.

Dalam sebuah laporan Journal of Agricultural and Food Chemistry, para peneliti mengatakan bahwa jus semangka juga mengandung zat antioksidan yang mampu meningkatkan protein otot dan kinerja atletik.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Encarna Aguayo, dari Universitas Teknik Cartagena, Spanyol, melakukan penelitian dalam 3 kelompok.

Kelompok pertama diminta untuk meminum jus semangka alami. Kelompok kedua diminta untuk meminum jus semangka alami yang diperkaya L-citrulline. Kelompok ketiga diminta untuk meminum minuman pemulih tenaga tanpa L-citrulline.

Setelah satu jam melakukan senam, kelompok pertama dan kedua tidak merasakan nyeri otot dan pegal-pegal. Sedangkan kelompok ketiga merasakan nyeri otot dan pegal-pegal.

Jadi, jus semangka yang diperkaya dengan L-citrulline terbukti menyembuhkan pegal-pegal dan nyeri otot.

Namun para peneliti menyarankan lebih baik minum jus semangka yang diproses secara alami. [yy/pelitaonline.com]