19 Muharram 1444  |  Rabu 17 Agustus 2022

basmalah.png

Hindarilah Minum Saat Masih Makan

Hindarilah Minum Saat Masih MakanFiqhislam.com - Tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan minum saat sedang makan. Jika anda salah satunya, lebih baik segera ubah kebiasaan ini. Sebab minum air saat makan belum selesai memberi efek yang tak baik terhadap tubuh, khususnya sistem pencernaan.

"Meneguk air selama makan akan menghambat kekuatan pencernaan perut dan menyebabkan tingkat insulin berfluktuasi meningkat secara signifikan," kata konselor dari Microbiotic, Shonali Sabherwal, seperti yang dilansir laman Times of India, Kamis (5/9).

Menurut Shonali, sebagian besar orang memiliki kebiasaan minum air bersama dengan makanan. Mereka beranggapan bahwa minum di tengah-tengah makan akan membantu makanan turun. Nyatanya, mereka tidak tahu bahwa kebiasaan ini akan berbahaya bagi pencernaan.

"Perut memiliki kemampuan untuk mengetahui kapan anda akan makan, dan kapan ia mulai melepaskan cairan pencernaan. Jika anda mulai minum air di saat yang bersamaan, maka akan menipiskan cairan pencernaan, yang dikeluarkan untuk mencerna makanan anda, sehingga menghambat proses pencernaan," kata Shonali lebih lanjut.

Penelitian menunjukkan bahwa minum sedikit air selama makan tidak menjadi masalah, tapi minum segelas atau bahkan dua gelas dapat mengganggu pencernaan. Cara terbaik untuk minum adalah, sebelum dan dua jam setelah makan, sebab akan membantu penyerapan nutrisi. Apakah yang terjadi dalam tubuh ketika anda minum saat makan?

"Air tersebut akan diserap oleh dinding usus lambung. Penyerapan ini berlanjut sampai terkonsentrasi cukup bagi cairan pencernaan untuk mulai mencerna makanan. Sebab, zat ini terkonsentrasi lebih kental daripada isi makanan yang hadir di dalam perut," kata Shonali.

Selanjutnya, cairan lambung akan menjadi kurang untuk mencerna. Makanan yang belum tercerna pun akan bocor ke dalam sistem pencernaan, sebab diserap melalui dinding perut. Pada akhirnya, ini akan menyebabkan refluks asam.

Minum air bersamaan dengan makanan juga dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin. Semakin banyak insulin dilepaskan ke aliran darah anda, maka semakin tinggi kemungkinan Anda menyimpan lemak dalam tubuh.

Untuk menghindari keinginan untuk minum saat makan, Shonali menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang terlalu asin. Sebab, makanan asin akan meningkatkan rasa haus. Selain itu, tidak disarankan pula untuk makan terburu-buru, karena akan menyebabkan anda sulit menelan dan merasa harus minum untuk membantu mendorong makanan. Lebih baik banyak mengunyah, sebab dengan banyak mengunyah akan dikeluarkan lebih banyak cairan pencernaan (enzim). [yy/rimanews.com]