13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

Turunkan Risiko Kanker Paru-paru dengan Mengonsumsi Makanan Sehat Ini

Turunkan Risiko Kanker Paru-paru dengan Mengonsumsi Makanan Sehat IniFiqhislam.com - Risiko kanker paru-paru menyerang perokok aktif maupun pasif. Menurut Reader's Digest.ca, penggunaan tembakau menyebabkan 87% kematian akibat kanker paru-paru. Jadi, kalau Anda merokok, segeralah berhenti.

Menjadi perokok pasifpun bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru hingga 30%. Untuk menurunkan peluang Anda terkena penyakit mematikan tersebut, konsumsilah makanan-makanan berikut ini:

1. Kol, kembang kol, sawi, dan brokoli

Kol, kembang kol, sawi, dan terutama brokoli mengandung sulforaphane, salah satu zat makanan yang paling ampuh melawan kanker. Sayuran jenis ini juga mengandung indole-3-carbinol yang berfungsi memperbaiki kerusakan yang dilakukan karsinogen terhadap sel sebelum berubah menjadi kanker. Penelitian menyebutkan bahwa konsumsi brokoli dapat menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 40%.

2. Buah dan sayur berwarna merah dan oranye

Warna merah dan oranye pada buah dan sayur seperti jeruk, pepaya, paprika merah, dan wortel berasal dari sejenis karotenoid (pigmen antioksidan oranye) bernama beta-cryptoxanthin. Hasil penelitian dari Singapore Chinese Health Study menunjukkan bahwa makanan yang tinggi beta-cryptoxanthin dapat menurunkan risiko kanker hingga 25%. Pada perokok, peluangnya bisa berkurang sampai 37%.

3. Kedelai

Sebuah penelitian di Shanghai membuktikan bahwa wanita yang banyak mengonsumsi kedelai berisiko lebih kecil terserang kanker paru-paru. Jika terserang sel tumorpun tidak akan terlalu agresif. Dikatakan bahwa kandungan phytoestrogen, estrogen nabati dalam kedelai, berperan mencegah sel tumor semakin tersebar.

4. Salmon, tuna, sardin, mackerel

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kombinasi asap rokok dan lemak hewan dapat memicu kanker paru-paru. Menggantikan daging dengan ikan yang tinggi asam lemak omega-3 seperti salmon, tuna, sardin, dan mackerel dapat meminimalisir efeknya.

5. Bayam dan polong-polongan

Jika Anda merokok atau baru berhenti merokok, banyaklah mengonsumsi makanan kaya folat seperti bayam dan polong-polongan. Vitamin B9 ini menjaga sel tubuh dari karsinogen tembakau. Studi M. D. Anderson Cancer Centerpun menemukan bahwa mantan perokok yang mengonsumsi cukup folat berkurang risiko kanker paru-parunya hingga 40%. Rokok membuang folat dari tubuh seperti konsumsi alkohol.

yy/detik.com