11 Rabiul-Awwal 1444  |  Jumat 07 Oktober 2022

basmalah.png

5 Manfaat Minuman Air Lemon di Pagi Hari

5 Manfaat Minuman Air Lemon di Pagi HariFiqhislam.com - Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, kopi atau teh hangat biasanya menjadi teman wajib untuk mengawali hari. Cobalah Anda menggantinya dengan membuat segelas air lemon hangat yang lebih memiliki banyak khasiat.

Anda bisa menggunakan setengah potongan lemon segar dan segelas air hangat atau dingin sesuai keinginan. Berikut adalah manfaat untuk kesehatan yang bisa didapatkan dari segelas air lemon seperti di lansir dari laman Fitnea.

1. Mendukung fungsi kekebalan tubuh

Lemon mengandung banyak antioksidan vitamin C, yang berperan mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat yang dapat mengurangi risiko infeksi pernapasan. Asam askorbat sama seperti vitamin C yang ditemukan dalam lemon memiliki efek anti inflamasi dan digunakan sebagai dukungan tambahan bagi asma atau gejala pernapasan lain. Lemon juga mengandung saponin yang bersifat antimikroba. Last but not least, asam askorbat memicu penyerapan zat besi dalam tubuh, zat besi memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

2. Melancarkan pencernaan

Jus lemon secara tradisional mendukung asam klorida dalam perut membantu melancarkan pencernaan. Vitamin C juga membantu penurunan risiko tukak lambung disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

3. Membersihkan kulit

Vitamin C dan seluruh antioksidan dalam lemon memerangi kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan akibat radikal bebas terutama disebabkan oleh paparan UV atau racun lingkungan. Radikal bebas memengaruhi sebagian besar gejala penuaan. Asupan antioksidan dapat membantu mengimbangi kerusakan ini dan meminimalisir keriput. Selain itu, jus lemon dapat dioleskan pada bintik-bintik noda tanda penuaan dan bekas luka untuk mengurangi bekasnya.

4. Mempercepat proses penyembuhan

Asam askorbat yang dikenal sebagai vitamin C, ditemukan dalam lemon yang membantu mempercepat penyembuhan luka dan merupakan nutrisi penting dalam pemeliharaan jaringan ikat, tulang dan tulang rawan yang sehat. Seperti disebutkan di atas, vitamin C juga memiliki efek anti inflamasi. Singkatnya, vitamin C merupakan nutrisi penting dalam pemeliharaan kesehatan yang baik dan pemulihan dari stres dan cedera.

5. Cadangan air

Mulai setiap pagi Anda dengan satu gelas air lemon hangat yang berguna untuk merangsang pencernaan  dan membersihkan tubuh Anda dari setiap racun yang mungkin telah menetap di saluran pencernaan Anda.

yy/republika.co.id