8 Rabiul-Awwal 1444  |  Selasa 04 Oktober 2022

basmalah.png

Kanker Tumbuh Lebih Cepat di Suhu Dingin

Kanker Tumbuh Lebih Cepat di Suhu DinginFiqhislam.com - Selain makanan dan rokok, ada satu lagi hal baru yang dapat meningkatkan perkembangan kanker. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa suhu dingin juga dapat meningkatkan pertumbuhan dan penyebaran kanker.

Penelitian yang telah diterbitkan dalam The Proceedings of the National Academy of Science ini menemukan bahwa tikus yang hidup dalam lingkungan relatif dingin memiliki kanker yang tumbuh lebih cepat dan agresif jika dibandingkan dengan tikus lain yang hidup suhu hangat dan nyaman. Lingkungan yang dingin diyakini dapat mendorong pertumbuhan beberapa jenis kanker, termasuk di antaranya kanker payudara, kanker kulit, kanker usus, dan kanker pankreas.

"Tidak peduli apakah tikus-tikus tersebut telah menghabiskan seluruh hidup mereka di lingkungan dingin sebelum atau setelah mendapat kanker, tumor mereka tetap tumbuh lebih cepat pada lingkungan yang lebih dingin," kata para peneliti dari Roswell Park Cancer Institute, seperti dilansir laman News Max Health, Selasa (7/1).

Peneliti menduga hal ini muncul karena cuaca dingin dapat mempengaruhi sel kanker yang disebut sebagai sel T. Dalam studi ini ditemukan bahwa sel T pada tikus yang tinggal di dalam lingkungan hangat lebih cepat bergerak dan lebih mampu melawan tumor, dibandingkan dengan sel T pada tikus di lingkungan dingin.

Pada tumor yang dimiliki oleh tikus dalam lingkungan dingin, terdapat sel-sel yang bisa mematikan respon imun normal dalam jumlah yang lebih banyak. Akibatnya, suhu dingin cenderung menggeser respon tubuh yang seharusnya 'melawan' tumor menjadi menerima tumor. [yy/jpnn.com]