12 Jumadil-Awwal 1444  |  Selasa 06 Desember 2022

basmalah.png

Berkumur Minyak Kelapa, Gigi Lebih Putih?

Berkumur Minyak Kelapa, Gigi Lebih Putih?Fiqhislam.com - Berkumur minyak kelapa selama 15 menit setiap hari dipercaya bisa memutihkan gigi. Percaya atau tidak, tapi banyak orang yakin bahwa minyak kelapa ini memang punya fungsi tersebut. Bahkan berkumur minyak kelapa ini juga dipercaya memiliki fungsi lain, yaitu mengharumkan napas, menyembuhkan penyakit gusi, mencegah kerusakan gigi, bahkan menyembuhkan penyakit arthritis dan asma.

Kisah tentang minyak ini telah melegenda sejak 2500 tahun lalu, ketika praktek pengobatan tradisional India, Ayurveda mulai dikenal. Begitu disebutkan  Marc Halpern, seorang chiropractor dan presiden dari California College of Ayurveda, di Nevada City, California

Praktek ini didasarkan pada konsep inti dari Ayurveda: bahwa minyak bergizi untuk jaringan tubuh, kata Halpern. "Dalam Ayurveda, kita minyaki semua jaringan tubuh, dari kepala sampai kaki, setiap hari. Penelitian telah menunjukkan cara tersebut bisa berfungsi sebagai anti bakteri dan anti radang," katanya.

Halpern pun menyarankan agar dalam penggunaanya, volume minyak jangan berlebihan. "Cukup dua sendok makan saja, dan tak perlu 20 menit seperti disarankan, cukup  lima menit saja. Ini berguna mencegah mual," katanya.

Lydia Hall, juru bicara American Dental Association, no comment tentang berkumur dengan minyak itu. "Perlu penelitian lebih lanjut soal penggunaan minyak untuk memutihkan gigi tersebut," katanya. Senada juga disebutkan Bob Kuska, juru bicara dari National Institute od Dental and Craniofacial Research.

"Siapa pun yang ingin memperhatikan kebersihan mulut mereka, itu adalah hal yang baik," kata Dr Joseph Banker, seorang dokter gigi kosmetik di Westfield, NJ "Tapi apakah ada hal lain yang bisa mereka lakukan? Mungkin.

Banyak "obat lama" dikembangkan ketika tidak ada pasta gigi, obat kumur, benang atau sikat gigi, kata Banker. Saat ini, peralatan  untuk merawat gigi tersedia luas dan harganya pun terjangkau, sehingga merawat gigi kini jauh lebih mudah.

Banker pun skeptis jika berkumur dengan minyak kelapa bisa memutihkan gigi. "Perlu penelitian lebih lanjut. Yang pasti, berkumur dengan apapun --bahkan dengan air-- dalam 20 menit pasti ada efek sampingnya," ujarnya serius.

Sikat gigi teratur, menggunakan benang gigi setiap selesai makan, dan berkunjung ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, sudah pasti akan membuat gigi Anda sehat dan cemerlang. [yy/tempo.co]